Berita

Pompa Hidram Desa Benlutu Diresmikan, Siap Jangkau 122 KK.

×

Pompa Hidram Desa Benlutu Diresmikan, Siap Jangkau 122 KK.

Sebarkan artikel ini

Ket Foto : Dandim TTS, Roni Hermawan dan Kepala Dinas TPHP TTS, Otniel Neonane 

Laporan Reporter SUARA TTS.COM,Erik Sanu.

SUARA TTS.COM | SOE –Dandim 1621/TTS , Letkol Arm. Roni Hermawan,SH.MM  meresmikan Pompa Hidram di Desa Benlutu, Kecamatan Batuputih Putih, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS),Rabu (28/12/2022).

Acara peresmian tersebut dibuka dengan penerimaan secara adat dilanjutkan dengan penandatanganan  berita acara serah terima Pompa Hidram.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kepala  TPHP TTS Otniel Neonane, Camat Batu Putih Agustinus Fallo dan Ketua Tim Penggerak PKK Batu Putih , Kelompok Tani  setempat, unsur TNI/Polri, serta seluruh masyarakat Desa Benlutu .

Program Pompa Air Hidram tersebut merupakan bantuan dari Kodam IX/Udayana yang diperuntukkan dalam memenuhi ketersediaan air bersih bagi masyarakat di Desa Benlutu.

Kadis Pertanian Otniel Nenonane usai peresmian menyampaikan terima kasih kepada Kodam IX/Udayana khususnya kepada jajaran Kodim 1621/TTS  yang telah mewujudkan pompa hidram bagi masyarakat di Desa Benlutu.

“Pompa hidram ini adalah jawaban atas kegelisahan masyarakat Desa Benlutu  pada musim kemarau yaitu kekurangan air bersih. Semoga dengan adanya fasilitas ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat dalam memenuhi kebutuhan air bersih dan kiranya fasilitas yang sudah bagus ini harus dijaga dengan baik. Sekali lagi  terima kasih kepada jajaran TNI AD yang  selalu hadir di tengah masyarakat,” ucapnya

Hal senada juga disampaikan Camat Batu Putih Drs Agustinus F.N Malo. Dirinya atas nama masyarakat Desa Benlutu menyampaikan apresiasi kepada jajaran Kodam IX/Udayana khususnya Kodim 1621/TTS yang telah membangun pompa air hidram, apalagi selama pembangunan fasilitas ini melibatkan langsung warga sekitar.

“Puji syukur, keberadaan pompa hidram ini dapat menjangkau sebanyak 120 KK di Desa Benlutu  dalam pemenuhan air bersih. Semoga saat musim kemarau tidak ada lagi warga yang kekurangan air bersih tersebut,”  ujarnya.Ket foto : Dandim TTS, Roni Hermawan saat sambutan di acara peresmian pompa Hidram di desa Benlutu.

Sementara itu Dandim 1621/TTS, Letkol Arm.Roni Hermawan,SH.MM pada kesempatan tersebut mengatakan  pemasangan  pompa hidram ini dapat terlaksanakan atas saran dan masukan dari Babinsa.

Saran dan masukan kemudian dilanjutkan dengan survei bersama-sama dengan perangkat desa serta dari Pemda sehingga ada kesepakatan bersama.

“Ini merupakan program KASAD Jenderal TNI Dudung Abdurahman melalui TNI AD Manunggal air”, ujar Dandim Roni.

Dikatakan, kegiatan peresmian pompa Hidram program “TNI AD Manunggal Air ini dilakukan secara serentak dan tersebar di seluruh wilayah Indonesia, bukan hanya di wilayah TTS.Ket foto: Pose bersama usai acara peresmian pompa Hidram di desa Benlutu.

Dandim Roni menjelaskan peresmian 62 titik pompa Hidram di wilayah TTS dan sudah  bisa digunakan dan ini  merupakan program lanjutan dari  program TNI AD Manunggal Air.

Lebih lanjut dikatakan, kedepan rencananya akan ada lagi pemasangan pompa hidram di beberapa tempat, namun akan dilakukan survei terlebih dahulu.

“mudah-mudahan memenuhi syarat agar bisa terealisasi dengan segera, tentu kita berharap juga support dan dukungan dari pemerintah daerah”, ujarnya.

Dandim Roni juga berpesan kepada masyarakat Desa Benlutu agar selalu menjaga pompa hidram tersebut dengan baik dan dimanfaatkan dengan maksimal serta dijaga agar bisa   digunakan dalam jangka waktu yang lama.

**Sumber Pendim1621/TTS**

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pemprov NTT Lakukan Gerakan Pangan Murah Di Kabupaten TTS Kupangonline.com,KUPANG— Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur bersama Pemerintah Kabupaten Timor Tengah Selatan, Perum Bulog serta Bank NTT Cabang Soe menggelar Gerakan Pangan Murah (GPM) sejak Kamis (16/5/24) hingga Jumat (17/5/24) lalu di sejumlah titik di Kabupaten TTS. Adapun GPM ini dilaksanakan di dua lokasi berbeda yakni di Kelurahan Cendana Kecamatan Kota Soe dan di Desa Taneotob yang juga diikuti oleh masyarakat Desa Noebesi yang terletak di Kecamatan Nunbena sejak Kamis (16/5) hingga Jumat (17/5/24). GPM ini menyediakan sejumlah kebutuhan pokok masyarakat dengan rincian di Kelurahan Cendana Kecamatan Kota Soe, 5.000 Kg Beras Medium, 200 Kg Beras premium, 100 Kg Gula Beras Kita, 20 Kg tepung, 20 Kg Bawang merah dan Bawang putih, Minyak Goreng Selfie 90 Liter, Minyak Goreng Damai 60 Liter, Minyak goreng kita 240 Liter. Sedangkan Desa Taneotob dan Desa Noebesi yang terletak di Kecamatan Nunbena dengan rincian 2.000 Kg Beras, 60 Botol minyak goreng dan 50 Kg Gula pasir dan 100 paket sembako yang terdiri atas beras dan gula pasir oleh Bank NTT Cabang Soe. Kegiatan GPM telah menjadi agenda Pemprov NTT yang terus digelar di seluruh Kabupaten/Kota di NTT dalam rangka pengendalian Inflasi untuk menjaga stabilitas pasokan harga pangan yang cenderung naik akibat sejumlah faktor seperti gagal panen dampak perubahan iklim ekstrim hingga terjadinya kemarau panjang dan waktu panen Petani tidak menentu. Desa Taneotob, Kecamatan Nunbena merupakan salah satu desa yang turut menyebabkan tingginya angka inflasi di Kabupaten TTS. Bahkan untuk memasok bahan pangan serta sembako lainnya agar dapat memenuhi kebutuhan warga di desa itu butuh perjuangan keras, dikarenakan sulitnya akses jalan menuju wilayah desa tersebut dikarenakan harus melintasi sejumlah anak sungai. Untuk diketahui, berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), Inflasi di kabupaten tersebut pada bulan April 2024 (YoY) sebesar 1,83 persen. Melalui GPM yang secara terus menerus dilaksanakan oleh Pemprov NTT bekerjasama dengan para distributor terkait diharapkan dapat mengantisipasi daya beli masyarakat terhadap kebutuhan bahan pokok pangan dengan harga terjangkau dibawah harga pasar.( Tim )
Berita

  Kupangonline.com,KUPANG— Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur bersama…