Berita

Egi Jawab Aspirasi Kelompok Pemuda Sonhalan Oekaet

0
×

Egi Jawab Aspirasi Kelompok Pemuda Sonhalan Oekaet

Sebarkan artikel ini

Ket. Foto: Suasana sosialisasi pendampingan dan penguatan budidaya ikan di Gereja Sonhalan Oekaet, Desa O’of

Laporan Reporter SUARA TTS. COM, Dion Kota.

SUARA TTS. COM | SOE – Lewat dana pokok pikiran (Pokir) Wakil Ketua DPRD TTS, Religius Usfunan menjawab aspirasi kelompok pemuda Sonhalan Oekaet, Desa O’of Kecamatan Kuatnana. Dimana para pemuda meminta bantuan untuk pengembangan budidaya ikan air tawar.

“ Lewat Pokir, kita sudah berikan bantuan tiga kolam bioflok dan akan diikuti dengan pendistribusian benih ikan lele sebanyak 2.500 ekor dan pakan ikan dalam pekan ini,” ungkap pria yang akrab disapa Egi ini.

Selain memberikan bantuan tersebut, masih lewat Pokir, Selasa 13 Desember 2022 dilakukan sosialisasi penguatan dan pendampingan kepada kelompok pemuda Sonhalan dan jemaat Sonhalan Oekaet oleh Dinas Perikanan Kabupaten TTS bertempat di Gereja Sonhalan Oekaet. Sekertaris Dinas Perikanan, Jeroham Tho langsung turun bersama Egi guna melakukan sosialisasi.

Dalam sosialisasi tersebut kelompok pemuda dan jemaat diajarkan terkait cara budidaya ikan air tawar yang baik dan benar. Selain itu, Jeroham juga mendorong para peserta untuk mengkonsumsi ikan sebagai super protein yang murah.

“ Kita berikan pemahaman kepada para peserta tentang bagaimana tahapan atau langkah dalam membudidayakan ikan air tawar khusus lele. Persiapan kolam bioflok, air, pakan hingga perawatan kolam dengan rutin menggantikan air ketika air kolam mulai keruh atau kotor,” ungkap Jeroham.

Ketua pemuda Sonhalan Oekaet, Ketua Gabriel Faot mengucapkan terima kasih kepada Egi yang telah menjawab aspirasi mereka. Bantuan yang diberikan akan dimanfaatkan dan dikembangkan dengan baik hingga waktu panen tiba.

“ Terima kasih untuk bantuan dan sosialisasi yang diberikan kepada kami. Bantuan yang ada akan dimanfaatkan secara baik,” ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, Dinas Perikanan Kabupaten TTS menggandeng Wakil Ketua DPRD TTS, Religius Usfunan melakukan sosialisasi dalam rangka penguatan dan pendampingan di dua kelompok budidaya ikan di Kecamatan Batu Putih, Senin 12 Desember 2022. Sebelum menggelar sosialisasi, kelompok budidaya ikan mandiri, Desa Boentuka dan kelompok budidaya ikan mas koki, Desa Oebobo sudah menerima bantuan masing-masing 3 kolam bioflok.

Sosialisasi sendiri digelar dengan tujuan untuk memberikan penguatan kepada para anggota kelompok tentang bagaimana cara yang tepat membudidayakan ikan air tawar dengan menggunakan bioflok.

Setelah diberikan sosialisasi, nantinya Dinas Perikanan akan memberikan bantuan masing-masing 2.400 ekor benih ikan lele dan 9 karung pakan ikan untuk dipelihara di dalam kolam bioflok yang telah diberikan. (DK)

Editor : Erik Sanu 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *