klik X untuk tutup iklan ini
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Politik

Waka MPR apresiasi program sertifikat tanah gratis bagi masyarakat

×

Waka MPR apresiasi program sertifikat tanah gratis bagi masyarakat

Sebarkan artikel ini
Example 468x60




Pemerintah memiliki kewajiban untuk menjamin kepastian dan perlindungan hukum atas kepemilikan tanah masyarakatJakarta (BERITA CALEG) – Wakil Ketua MPR RI Syarief Hasan mengapresiasi langkah Pemerintah dalam menghadirkan dan mempercepat program sertifikat tanah gratis bagi masyarakat melalui Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) yang mempermudah masyarakat mendapatkan legalitas tanah secara gratis.

Dia menyebut program yang dikerjakan oleh Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertahanan Nasional (ATR/BPN) yang dipimpin Menteri Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) itu adalah wujud pelaksanaan kewajiban Pemerintah.

Example 300x600

“Pemerintah memiliki kewajiban untuk menjamin kepastian dan perlindungan hukum atas kepemilikan tanah masyarakat,” kata Syarief dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Rabu.

Dia menilai program tersebut dapat menjadi upaya dalam mengatasi berbagai polemik pertanahan di tengah masyarakat yang disebabkan belum adanya kepastian hukum terhadap kepemilikan tanah masyarakat.

Syarief juga mengapresiasi sertifikasi dilakukan berbasis digital sehingga dapat menekan kemunculan sertifikat ganda yang menimbulkan masalah di masyarakat.

Baca juga: Jokowi targetkan tiga hal untuk AHY setelah dilantik Menteri ATR

Baca juga: Kementerian ATR/BPN gandeng perguruan tinggi untuk percepatan PTSL

“Tidak akan ada lagi sertifikat yang keluar dengan data fisik dan yuridis yang sama karena semuanya telah terdata satu pintu,” katanya.

Dia juga menilai upaya Kementerian ATR/BPN yang melakukan sertifikasi tanah secara digital itu sangat positif karena dapat memacu pembinaan dan peningkatan literasi digital, serta meningkatkan efektivitas proses sertifikasi tanah.

Sebab, kata dia, persoalan pertanahan adalah persoalan klasik dan sering menimbulkan sengketa di masyarakat yang harus diselesaikan.

“Upaya yang telah dilakukan oleh Pemerintah melalui Kementerian ATR/BPN sudah semakin baik dalam menyelesaikan sengketa tanah,” tuturnya.

Terakhir, Syarief pun menekankan komitmennya dalam mendukung program-program pro rakyat, sebagaimana program sertifikat gratis PTSL yang terbukti menyelesaikan masalah klasik di masyarakat secara pasti.

Pewarta: Melalusa Susthira Khalida
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © BERITA CALEG 2024

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *