klik X untuk tutup iklan ini
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Politik

Panglima mutasi 215 pati, termasuk di Kemhan dan Kemenko Polhukam

×

Panglima mutasi 215 pati, termasuk di Kemhan dan Kemenko Polhukam

Sebarkan artikel ini
Example 468x60




Jakarta (BERITA CALEG) – Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto memutasi dan merotasi total 215 perwira tinggi untuk jabatan-jabatan di lingkungan TNI, Kementerian Pertahanan, Universitas Pertahanan, dan Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Kemenko Polhukam).

Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Mayjen TNI Nugraha Gumilar saat dihubungi di Jakarta, Rabu, menjelaskan kebijakan itu termuat dalam Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/382/IV/2024 yang diteken oleh Agus Subiyanto pada Senin (1/4).

Example 300x600

Dalam SKep itu, Panglima TNI memutasi, merotasi, dan memberikan promosi kepada 113 perwira tinggi TNI Angkatan Darat, 53 perwira tinggi TNI Angkatan Laut, dan 49 perwira tinggi TNI Angkatan Udara.

Di lingkungan Mabes TNI, pejabat-pejabat yang kena rotasi, di antaranya Marsekal Madya TNI Samsul Rizal yang semula menjabat Komandan Sekolah Staf dan Komando (Dansesko) TNI saat ini menjadi dosen tetap Universitas Pertahanan.

Panglima memberikan promosi jabatan kepada asisten personel-nya, Marsekal Muda TNI Arif Widianto, untuk mengisi posisi Dansesko TNI. Kemudian, posisi Asisten Personel (Aspers) Panglima TNI pun saat ini diisi oleh Marsda TNI Mohammad Syafii yang sebelumnya bertugas sebagai Aspers Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU).

Posisi Aspers KSAU pun saat ini diisi oleh Marsekal Pertama TNI Djohn Amarul yang mendapatkan promosi jabatan dari posisi dia semula sebagai Aspers Kepala Staf Komando Operasi Udara Nasional (Kaskoopsudnas). Posisi itu pun saat ini diisi oleh Marsma TNI Fairlyanto yang sebelumnya bertugas sebagai Staf Khusus KSAU.

Kemudian, masih di lingkungan Mabes TNI, Kolonel Marinir Suliono mendapatkan promosi jabatan sebagai Direktur Umum (Dirum) Akademi TNI. Dia menggantikan Brigjen TNI (Mar) Werijon yang dirotasi sebagai Wakil Asisten Teritorial (Waaster) Panglima TNI.

Pejabat lama Waaster Panglima, yaitu Laksamana Pertama TNI Suharto mendapatkan promosi jabatan dari Panglima TNI sebagai Staf Ahli Bidang Kedaulatan Wilayah dan Kemaritiman Kemenko Polhukam. Suharto menggantikan Laksamana Muda TNI Abdul Rivai Ras yang dimutasi sebagai Staf Khusus Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL).

Kemudian, posisi Komandan Satuan Intelijen Badan Intelijen Strategis (Dansatintel BAIS) TNI juga berganti yang semula diisi oleh Brigjen TNI Jimmy Ramoz Manalu saat ini diisi oleh Kolonel Inf. Mahesa Fitriadi. Jimmy mendapatkan promosi jabatan sebagai Kepala Staf Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kas Kogabwilhan) I.

Direktur H BAIS TNI juga mengalami pergantian, yang semula diisi oleh Brigjen TNI Safta Feryansyah, saat ini diisi oleh Brigjen TNI Agustinus Dedy Prasetyo. Posisi lama Agustinus sebagai Danrem 045/Gaya (Bangka Belitung) pun diisi oleh Safta.

Dalam SKep yang sama, Panglima TNI juga merotasi sejumlah perwira TNI yang menduduki jabatan di Kemhan dan Kemenko Polhukam. Di Kemenko Polhukam, Kolonel Arm. Ade Irwan mendapatkan promosi jabatan sebagai Asisten Deputi Koordinasi Doktrin dan Strategi Pertahanan. Dia menggantikan Brigjen TNI Pontjo Wasono yang kembali ke Markas Besar TNI AD (Mabesad) dalam rangka pensiun.

Jabatan Asisten Deputi Koordinasi HAM pada Deputi Bidang Koordinasi Hukum dan HAM Kemenko Polhukam juga berganti, yang saat ini diisi oleh Brigjen TNI Rudy Chandrayadi. Kemudian, Kepala Biro Hukum, Persidangan, dan Humas Kemenko Polhukam saat ini diisi oleh Kolonel Marinir Kresno Pratowo, yang mendapatkan promosi dari jabatan dia sebelumnya sebagai Staf Ahli A Bidang Operasi Korps Marinir TNI AL. Kemudian, ada juga Marsma TNI Agus Pandu Purnama yang ditunjuk Panglima TNI sebagai Sekretaris Deputi pada Deputi Bidang Koordinasi Politik Luar Negeri Kemenko Polhukam. Agus menggantikan Marsma TNI Dedy Ghazi Elsyaf yang dimutasi sebagai dosen tetap Unhan.

Di lingkungan Kemhan, Panglima TNI juga merotasi beberapa perwiranya, di antaranya Brigjen TNI Robi Herbawan yang dirotasi sebagai Kepala Badan Informasi dan Komunikasi Kemhan. Jabatan dia sebelumnya sebagai Kepala Pusat Informasi Strategis Pertahanan Badan Informasi dan Komunikasi Pertahanan (Kapus Infostrahan Bainstrahan) Kemhan pun diisi oleh Kolonel Inf. Tri Setyo Subagyo yang mendapatkan promosi dari jabatan dia sebelumnya sebagai Kepala Bagian Umum Sekretariat Bainstrahan Kemhan.

Baca juga: Panglima TNI mutasi 183 pati, termasuk pangdam dan kapuspen

Baca juga: Panglima TNI mutasi 52 pati, termasuk Kepala BAIS

Kemudian, Brigjen TNI Ujang Darwis juga mendapatkan promosi jabatan sebagai Direktur Jenderal Strategi Pertahanan (Dirjen Strahan) Kemhan. Posisi Dirjen Potensi Pertahanan (Pothan) Kemhan, yang sebelumnya kosong, juga saat ini pun diisi oleh Mayjen TNI Piek Budyakto. Dalam SKep yang sama, posisi Dirjen Kekuatan Pertahanan (Kuathan) Kemhan juga berganti, yang saat ini diisi oleh Marsekal Muda TNI Hendrikus Haris Haryanto. Pejabat lamanya, Laksda TNI Bambang Irwanto dirotasi sebagai Direktur Pascasarjana Universitas Pertahanan. Dia menggantikan Mayjen TNI Totok Iman, yang saat ini bertugas sebagai dosen tetap Unhan.

Haris sebelumnya menjabat sebagai Kepala Badan Pengembangan Kebijakan dan Teknologi Pertahanan Kemhan. Posisi itu pun diisi oleh Brigjen TNI Heru Sudarminto, yang mendapatkan promosi dari jabatan dia sebelumnya sebagai Sekretaris Badan Sarana Pertahanan (Ses Baranahan) Kemhan.

Jabatan Ses Baranahan Kemhan saat ini diisi oleh Laksma TNI Mochamad Taufiq Hidayat, yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Pusat Kodifikasi (Kapuskod) Baranahan Kemhan. Jabatan Kapuskod Baranahan pun diisi oleh Kolonel Armed Abu Hanifah Nur, yang mendapatkan promosi dari jabatan dia sebelumnya sebagai Kabag Um Set Baranahan Kemhan.

Dalam SKep yang sama, Panglima juga memberikan promosi kepada Kolonel Czi Irfan Siddiq sebagai Kepala Pusat Pendidikan dan Latihan (Kapusdiklat) Bahasa Badan Pendidikan dan Latihan Kemhan.

Jabatan Direktur Pengerahan Komponen Pertahanan (Dir Rahkomhan) Direktorat Jenderal Strategi Pertahanan (Ditjen Strahan) Kemhan juga berganti, saat ini diisi oleh Kolonel Arh. Mohamad Nafis.

Jabatan Direktur Kerja Sama Internasional Pertahanan (Dirkersinhan) Ditjen Strahan Kemhan saat ini diisi oleh Kolonel Arm. Airlangga. Dia mendapatkan promosi dari jabatan sebelumnya sebagai Kepala Sub Direktorat Eropa dan Afrika Ditkersinhan Ditjen Strahan Kemhan.

Brigjen TNI Steverly Christmas Parengkuan, yang sebelumnya menjabat Dirkersinhan, saat ini mengisi jabatan Staf Ahli Menteri Pertahanan Bidang Ekonomi.

Posisi Staf Ahli Menhan Bidang Sosial juga berganti, saat ini diisi oleh Marsma TNI Sugiharto Prapto. Jabatan dia semula sebagai Sekretaris Inspektorat Jenderal (Ses Itjen) Kemhan pun diisi oleh Laksma TNI Didik Rochmad Widodo.

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © BERITA CALEG 2024

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *