klik X untuk tutup iklan ini
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Politik

TPN jelaskan program Gastronomi Ganjar-Mahfud

×

TPN jelaskan program Gastronomi Ganjar-Mahfud

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

[ad_1]


Jakarta (BERITA CALEG) – Juru bicara Tim Pemenangan Nasional (TPN) Chico Hakim menjelaskan program Ganjar-Mahfud tentang Gastronomi, sebagai upaya mendongkrak kualitas gizi, memperbaiki kualitas sumber daya manusia (SDM), dan menggerakkan ekonomi nasional.

Dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa, ia menegaskan program gastronomi merupakan ide tandingan dari program makan siang dan susu gratis, yang diusung pasangan Prabowo-Gibran.

Example 300x600

Kata dia, program makan siang gratis cenderung menyeragamkan sumber gizi pada susu dan telur. Padahal, komponen pangan bergizi bisa didapat tak hanya dari susu, tetapi juga aneka pangan lokal.

“Sudah banyak studi, menunjukkan telur lebih bergizi ketimbang susu. Kalau bicara soal laktosa intoleran atau ketidakmampuan untuk sepenuhnya mencerna gula (laktosa) dalam produk susu, hampir 70 persen orang Asia memiliki laktosa intoleran tersebut,” jelas Chico.

Baca juga: Curhat ke Ganjar, perajin ukiran Jepara harapkan kemudahan modal

Kata dia, gastronomi ala Mahfud merupakan bentuk kearifan lokal suatu daerah pada bahan baku makanan, untuk diramu menjadi pangan. Sehingga, pasangan Ganjar-Mahfud ingin menghindari penyeragaman pangan dengan dalih pemenuhan gizi. Sebab, hal itu berpotensi meningkatkan ketergantungan impor, karena membuat kebutuhan satu komoditas pangan bergizi menjadi tinggi.

“Jangan sampai impor dinaikkan atas nama pemenuhan gizi,” ujarnya.

Kata dia, gastronomi bakal membuat asupan gizi jadi beragam. Hal itu disesuaikan dengan potensi aneka pangan yang ada di masyarakat. Nantinya, kata dia, pemerintah membantu pangan lokal naik kelas menjadi lebih bergizi tinggi.

“Kalau kita bicara makan siang gratis, apakah nasi harus diberikan kepada orang Papua tiga kali sehari?” katanya.

Sehingga, dia berharap jangan sampai mengubah gaya hidup orang. Sementara gaya hidup itu, tidak berarti makanan yang dia asup kurang bergizi. Padahal kata dia, banyak jenis makanan dari bahan baku lokal yang setara gizinya dengan susu impor.

Baca juga: TPN: Ganjar-Mahfud berkomitmen wujudkan sistem pertahanan 5.0

Sebelumnya, calon wakil presiden Mahfud mengkritik program Prabowo-Gibran soal susu gratis. Ia menyebut, program itu tak menguntungkan, karena mayoritas komponennya terutama susu, berasal dari impor. Dalam jangka panjang, program itu juga sulit terealisasi.

Sebagai gantinya, Mahfud mengungkap, ia dan Ganjar punya program bernama gastronomi. Secara teoritis, gastronomi adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan seni, praktik, dan kajian tentang pemilihan, preparasi, produksi, penyajian, dan penikmatan berbagai makanan dan minuman.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada hari Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Pewarta: Fauzi
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © BERITA CALEG 2024

[ad_2]

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *