klik X untuk tutup iklan ini
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Politik

Timnas AMIN minta aparat keamanan bersikap netral

×

Timnas AMIN minta aparat keamanan bersikap netral

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

[ad_1]


netralitas aparat hukum yang termasuk dalam aparatur sipil negara (ASN) diatur dalam tiga undang-undang sekaligus, salah satunya yakni Undang-Undang Nomor 5 Pasal 2 huruf F Tahun 2014 yang menyebutkan bahwa setiap ASN wajib netral dan bebas dari inteJakarta (BERITA CALEG) – Tim Nasional Pemenangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Timnas AMIN) meminta agar aparat keamanan bersikap netral pada Pilpres 2024.

“Kami dari Timnas AMIN meminta agar aparat dan petugas bersikap netral karena ini adalah perintah UU dan UU Pemilu,” kata Juru Bicara Timnas AMIN Iwan Tarigan dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Example 300x600

Pernyataan tersebut disampaikan Iwan merespons adanya panitia kampanye AMIN di, Gresik, Jawa Timur yang diduga mendapatkan intimidasi dari oknum aparat.

Iwan mengatakan netralitas aparat hukum yang termasuk dalam aparatur sipil negara (ASN) diatur dalam tiga undang-undang sekaligus, salah satunya yakni Undang-Undang Nomor 5 Pasal 2 huruf F Tahun 2014 yang menyebutkan bahwa setiap ASN wajib netral dan bebas dari intervensi politik.

Selain itu menurutnya, tugas pokok dari aparat hukum yakni memastikan keamanan dan kelancaran proses pemilu yang berlangsung supaya berjalan aman dan damai.

“Dalam suatu pertandingan atau dalam Pemilu 2024 memang harus ditegakkan netralitas itu. Jadi semua harus netral, memberikan kesempatan rakyat untuk memilih. Rakyat tidak boleh ditakut-takuti, dan itulah gunanya aparat keamanan,” ujar Iwan.

Baca juga: Timnas perkuat koordinasi dengan kepolisian kawal pengamanan AMIN

Baca juga: “Garda Matahari” adakan bimtek saksi pasangan Anies-Muhaimin

Baca juga: Trenggalek minta bawaslu tindaklanjuti dugaan ASN tidak netral

 

Sebelumnya pada Jumat (12/1), Calon Wakil Presiden RI Muhaimin Iskandar (Gus Imin) menyampaikan bahwa dirinya mendapatkan laporan dari panitia di Gresik, Jawa Timur yang didatangi dan dimarahi oknum aparat karena mengundang dirinya.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Baca juga: Jubir: Anies hormati PDIP dan Megawati tolak presiden tiga periode

Baca juga: Prabowo hadiri konsolidasi partai di Medan pada hari ke-47 kampanye 

Baca juga: Ganjar di Jatim, Mahfud di Sulsel dan Jatim di hari ke-47 kampanye

Pewarta: Ahmad Muzdaffar Fauzan
Editor: Indra Arief Pribadi
Copyright © BERITA CALEG 2024

[ad_2]

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *