klik X untuk tutup iklan ini
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
BeritaPemerintahan

Sempat Gagal Salur, Dana Tahap 1 Untuk 46 Desa di TTS Akhirnya Cair. 

×

Sempat Gagal Salur, Dana Tahap 1 Untuk 46 Desa di TTS Akhirnya Cair. 

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

Ket Foto: Kepala Dinas PMD TTS, Nikson Nomleni 

Laporan Reporter SUARA TTS.COM,Erik Sanu 

Example 300x600

SUARA TTS.COM | SOE – Sempat gagal salur, kini dana tahap 1 untuk 46 desa di Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) akhirnya dicairkan.

Hal ini diungkapkan Kepala Dinas PMD TTS, Nikson Nomleni kepada SUARA TTS.COM,Senin 5 September 2022 di ruang kerjanya.

“Dana tahap 1 untuk 46 desa sudah masuk rekening. Total sebesar Rp 11.131 938 400.Sudah ada di rekening desa di Bank BNI,Bank NTT dan Bank Mandiri “, ujarnya.

Dikatakan dengan dicairkannya dana tahap 1 bagi 46 desa maka  PMD sudah tuntaskan pekerjaan  dan tidak ada lagi utang.

Kepala Desa Tli’u, Thimotius Natonis kepada SUARA TTS.COM mengaku senang setelah mendapat informasi jika dana sudah ada di rekening.

“Saya ikut informasi di media bahwa dana untuk 46 desa hangus namun karena Pemda berusaha sampai akhirnya bisa cair juga. Sekarang saya lagi antri di bank NTT untuk cairkan”,ujar Kades Natonis.

Dirinya berterima kasih kepada Pemda TTS melalui Dinas PMD yang telah berjuang untuk ke 46 desa. Ia memberikan apreasiasi kepada Pemda atas perhatian sehingga masyarakat tidak dikorbankan.

Untuk diketahui Dana desa untuk 46 desa di Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) sempat dinyatakan ‘hangus” karna keterlambatan memosting dokumen sebagai syarat penyaluran dana pada Aplikasi OM SPAN.

Namun berkat komunikasi intens dan perjuangan gigih serta lobi yang dilakukan pemerintah Kabupaten TTS, akhirnya Pemerintah Pusat (Pempus) memutuskan untuk kembali menyalurkan.

Hal ini diungkapkan Kepala Dinas PMD Kabupaten TTS, Nikson Nomleni di ruang kerjanya Jumat (26/8/2022).

“Kita bersyukur, 46 desa yang sempat dinyatakan dana desa tidak bisa dicairkan atau hangus, kini Pemerintah Pusat sudah putuskan untuk kembali manyalurkan dana desa bagi 46 desa tersebut” ujar Kadis Nikson.

Keputusan Pemerintah Pusat untuk kembali menyalurkan dana desa bagi 46 desa tersebut, dibuktikan dengan dibukanya ekses aplikasi OM SPAN.

Nikson yang juga mantan Kadis Sosial ini mengaku, semua dokumen persyaratan penyaluran dana desa bagi 46 desa telah

diupload pada Aplikasi OM SPAN sejak tanggal 26 Juli 2022 dan tinggal menunggu diterbitkannya Peraturan Menteri Keuangan (PMK) RI sebagai dasar penyaluran dana desa.

“kita sudah upload semua dokumen syarat salur di aplikasi OM SPAN. Sekarang kita menunggu PMK (Peraturan Menteri Keuangan) yang sedang dalam proses penerbitannya,”Ujar Nikson.

Masih menurut Nikson,saat penyaluran dana desa tahap I bagi 46 desa tersebut diundur sampai dengan batas waktu tanggal 31 Agustus 2022 dan akan dilanjutkan dengan penyaluran dana desa tahap II yang kemungkinan waktunya sangat singkat.

“Penyaluran dana desa tahap I bagi 46 desa tersebut diundur sampai dengan batas waktu tanggal 31 Agustus 2022 dan akan dilanjutkan dengan penyaluran dana desa tahap II namun waktunya dipersingkat “,ujarnya lagi.

Dirinya menegaskan agar semua kepala desa dan perangkat desa agar kedepannya proses penyelesaian dokumen syarat penyaluran dana desa diselesaikan tepat waktu. Karna itu dana desa yang sudah disiapkan pemerintah tidak hangus hanya kerena kelalaian aparat desa.

“kepada aparat desa,saya minta untuk selesaikan dokumen syarat penyaluran dana desa tepat waktu agar kedepannya tidak terjadi lagi hal yang serupa. Ini peringatan untuk kita semua,” tegas Nikson.(***)

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *