klik X untuk tutup iklan ini
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Politik

Round up – Hari ke-42 kampanye Pilpres 2024

×

Round up – Hari ke-42 kampanye Pilpres 2024

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

[ad_1]


Jakarta (BERITA CALEG) – Kampanye calon presiden dan wakil presiden peserta Pemilu 2024 memasuki hari ke-42, Senin (8/1), di mana sejumlah agenda dijalankan sesuai jadwal masing-masing pasangan calon.

Tiga pasangan calon yang akan bertarung pada Pilpres 2024, yaitu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD, melakukan agenda kampanye mereka secara terpisah di beberapa daerah Tanah Air.

Example 300x600

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan masa kampanye Pilpres 2024 dari tanggal 28 November 2023 sampai dengan 10 Februari 2024.

Pasangan Anies-Muhaimin

Capres nomor urut 1 Anies Rasyid Baswedan terbang ke Provinsi Gorontalo, sementara cawapres Muhaimin Iskandar menjemput aspirasi di Lampung.

Setibanya di Gorontalo, Senin siang, pukul 11.30 Wita, Anies dan rombongan berziarah ke Makam Pahlawan Nani Wartabone di Kecamatan Suwawa, Kabupaten Bone Bolango.

Selama sejam di tempat itu, mantan rektor Universitas Paramadina tersebut berdoa dan bercengkrama dengan warga di sekitar wilayah pemakaman.

Pada pukul 12.30 Wita, Anies menghadiri kegiatan Desak Anies Gorontalo Edisi Petani di Asmara Garden, Desa Bulotalangi Timur, Kecamatan Bulango Timur, Kabupaten Bone Bolango.

Anies berjanji, jika terpilih memenangi Pilpres 2024, dia akan membangun Kota Gorontalo menjadi kota “agropolitan” yang mampu menopang sektor agronomi.

Anies mengatakan kota tersebut masuk ke dalam daftar 40 kota yang akan dibangun setara dengan Jakarta, karena menurut dia kota di utara Pulau Sulawesi itu memiliki banyak potensi.

Sementara itu, Muhaimin Iskandar melakukan pengajian dan dialog di Kabupaten Lampung Timur pada pukul 09.30 WIB. Ketua umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu melakukan kegiatan Slepet Imin di Kafe Kopi Alam Kota Metro pada pukul 11.00 WIB.

Pada pukul 16.00 WIB, mantan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi itu melakukan olahraga, yaitu senam di Lapangan Sepak Bola Kridayuana, Jalan Pramuka, Kecamatan Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran.

Sejam setelah olahraga, Muhaimin dan rombongan mengunjungi gudang pelelangan Ikan di Pasar Gudang Lelang, Kecamatan Bumi Waras, Kota Bandar Lampung, pada pukul 17.00 WIB. Di tempat itu, dia menjemput aspirasi dari pedagang dan nelayan yang ada di pasar tersebut.

 berkomitmen akan menekan angka kriminalitas di Indonesia jika terpilih dalam Pemilihan Presiden 2024 saat melaksanakan kampanye di Kota Metro, Lampung.

Menurut Cak Imin, permasalahan kriminalitas tidak hanya terjadi di Provinsi Lampung, tetapi hampir di seluruh daerah di Indonesia juga memiliki permasalahan yang sama sehingga butuh upaya penyelesaian.

“Masalah kriminalitas ini juga masih berkaitan dengan debat semalam. Kami pasangan AMIN (Anies-Muhaimin) tentu mempunyai program untuk menekan angka kriminalitas secara berkesinambungan. Jadi bukan dengan menambah jumlah polisi,” kata Muhaimin Iskandar di Metro, Senin.

Selain itu, dalam bidang pertanian, pihaknya pun mempunyai program revolusi agromaritim, dimana pihaknya akan membenahi sektor pertanian dari hilir sampai ke hulu.

“Jadi dari tanah kepemilikan, penggunaan akses tanah sampai ke produksi, penjualan dan transportasi untuk distribusi akan diperbaiki. Kita menyepakati untuk memperbanyak jalur kereta api, agar pendistribusian logistik pangan lancar, dan harga menjadi turun saat produksi banyak,” jelasnya.

Program tersebut, dilaksanakan dengan memfasilitasi pasar dan harga jual melalui tata niaga yang transparan dan akuntabel guna dapat tercapai kesejahteraan petani.

Selanjutnya, pada pukul 20.00 WIB, Muhaimin melakukan Selawatan Kebangsaan di Pondok Pesantren Al-Hamid di Jalan S. Parman, Kecamatan Candipuro, Kota Lampung.

Pasangan Prabowo-Gibran
Capres nomor urut 2 Prabowo Subianto melakukan aktivitas rutin sebagai menteri pertahanan.

Pada pukul 16.00 WIB, Senin, Prabowo selaku pendiri Garudayaksa Football Academy didampingi oleh Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir melakukan penandatanganan kerjasama jangka panjang dengan Aspire Academy Qatar selama lima tahun mendatang di SUGBK, Jakarta Pusat.

Prabowo bersama dengan Erick juga turut memberikan arahan kepada para pemain timnas.

Sementara itu, di tempat terpisah, Calon Wakil Presiden nomor urut dua Gibran Rakabuming Raka melakukan kampanye di Provinsi Maluku. Kedatangan Gibran ke Maluku didampingi istri dan publik figur seperti Raffi Ahmad, Marcello Tahitoe, dan Karin Novilda.

Gibran memulai agenda pertama di Maluku dengan melakukan pertemuan bersama para Raja se-Maluku di Kota Ambon.

Kepada para raja-raja Maluku yang hadir, Gibran berjanji melakukan pemerataan pembangunan di Maluku jika dirinya bersama Prabowo Subianto terpilih pada Pilpres 2024.

Putra sulung Presiden RI Joko Widodo itu menyampaikan pernyataan tersebut saat menyerap aspirasi dan berdialog bersama puluhan raja se-Maluku di Kota Ambon, Senin.

Usai dari situ, Gibran melakukan pertemuan dengan komunitas dan pegiat ekonomi kreatif yang kebanyakan adalah generasi milenial.

Di hadapan para milenial Kota Ambon, Gibran berjanji siap membangun Maluku, khususnya Kota Ambon, melalui musik, guna mengatasi pembangunan di Indonesia yang bersifat Jawasentris.

“Sudah saatnya pembangunan dimulai dari Indonesia timur, salah satunya Kota Ambon Maluku,” ucap Gibran saat menemui Milenial di Kota Ambon, Senin.

Gibran kemudian melanjutkan kegiatan kampanye dengan membagikan susu dan makan siang gratis untuk masyarakat di Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah, Maluku, Senin.

Dia juga berkomitmen untuk mendukung kemajuan sepak bola di Maluku dengan menyiapkan talenta-talenta berbakat agar bisa berkarir di kancah persepakbolaan nasional.

“Kemajuan talenta sepak bola asal Maluku harus terus didorong karena antusiasme warga untuk bermain bola luar biasa sekali,” kata Gibran dalam keterangannya yang diterima di Jakarta, Senin.

Pasangan Ganjar-Mahfud
Pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD menyapa masyarakat di Jakarta dan Indramayu pada hari ke-42 kampanye Pilpres 2024, Senin.

Berdasarkan keterangan dari Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Ganjar Pranowo dijadwalkan hadir pada acara bincang DEMOKR(E)ASI di Gedung Serbaguna Senayan, Jakarta, Senin petang, pukul 19.00 WIB.

Pada acara tersebut, Ganjar Pranowo berjanji menggratiskan biaya perizinan untuk kebutuhan syuting film.

“Maka, sebenarnya insentif umpama dari industri film adalah silakan Anda syuting di sini, saya kasih insentif gratis,” kata Ganjar di Gedung Serbaguna Senayan, Jakarta, Senin (8/1).

Dengan diberikannya insentif tersebut, kata dia, pelaku industri film akan datang ke berbagai wilayah di Indonesia untuk dapat mengekspresikan talentanya.

“Pasti orang akan datang untuk bisa mengekspresikan apa yang menjadi talentanya,” kata mantan Gubernur Jawa Tengah dua periode tersebut.

Bukan hanya itu, Ganjar juga berjanji akan mengembalikan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) bila dia terpilih memenangi Pilpres 2024.

Sementara itu, cawapres Mahfud MD bertolak ke Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, untuk menghadiri pertemuan dengan pemuda GAMA Pantura dalam rangka diskusi bertema “Memperkuat Orang Muda untuk Mewujudkan Inklusivitas dalam Demokrasi” di GOR Dharma Ayu, Karanganyar, Indramayu, pukul 09.45 WIB.​​​​​​​

Mahfud hadir dalam acara talkshow sekaligus menerima deklarasi dari Pemuda Gama Pantura, gabungan organisasi kepemudaan, mahasiswa, dan masyarakat Kabupaten Indramayu, Kabupaten Subang, Kabupaten dan Kota Cirebon.​​​​​​​

Mahfud didampingi Deputi Inklusi Tim Pemenangan Nasional (TPN) Jaleswari Pramodhawardhani tampil modis mengenakan kemeja army look dengan emblem-emblem berlambang program kerja unggulan Ganjar-Mahfud dan aksen selempang batik paoman merah.

“Ini penting karena mereka ini adalah pemilih-pemilih yang cerdas, bisa menentukan pilihan yang bagus sekaligus memberitahu kepada lingkungannya, kepada keluarganya, kepada saudaranya untuk memilih yang benar,” ujar Mahfud di GOR Dharma Ayu Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, Senin.

 

 

 

Pewarta: Hana Dewi Kinarina Kaban
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © BERITA CALEG 2024

[ad_2]

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *