klik X untuk tutup iklan ini
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Politik

Round up – Hari ke-38 kampanye Pilpres 2024

×

Round up – Hari ke-38 kampanye Pilpres 2024

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

[ad_1]


Jakarta (BERITA CALEG) – Masa kampanye Pilpres 2024 memasuki hari ke-38 pada Kamis (4/1/) atau menyisakan 41 hari menjelang pencoblosan pada 14 Februari 2024.

Ketiga pasangan kandidat Pilpres 2024 berkampanye di berbagai daerah, Kamis, namun hanya terkonsentrasi di Pulau Jawa.

Example 300x600

Selain itu, ada kandidat yang memilih untuk tak berkampanye dan tetap berdinas sesuai jabatan yang masih diembannya.

Pasangan calon Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) kompak berkampanye di Jawa Barat, tepatnya di daerah Priangan Timur, yakni di Tasikmalaya, Ciamis, dan Garut.

Lalu, capres Prabowo Subianto mengunjungi Kantor Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat di Jakarta selaku menhan; sedangkan pasangannya, Gibran Rakabuming Raka, tak berkampanye karena bekerja sebagai wali kota Surakarta.

Kemudian, Ganjar Pranowo berkampanye di Jawa Tengah dengan mengunjungi beberapa wilayah untuk berdialog dengan masyarakat serta para relawannya.

Adapun pasangannya, yakni Mahfud MD, melakukan kegiatan di Jakarta, salah satunya bersilaturahim dengan Uskup Agung Jakarta Mgr. Ignatius Suharyo.

Anies-Muhaimin

Calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan memulai agenda kampanye di Jawa Barat dengan mengunjungi Islamic Center Ciamis untuk menghadiri silaturahim akbar dengan simpatisannya.

Pada kegiatan itu, Anies mengklaim bahwa daerah Priangan Timur selalu berada pada barisan perubahan. Pasalnya, pada Pilpres 2019 menurutnya daerah itu dimenangkan oleh Prabowo Subianto karena membawa visi perubahan.

Sehingga dia pun merasa optimistis bakal meraup suara dari daerah tersebut karena dirinya bersama Muhaimin membawa visi perubahan pada Pilpres 2024 ini.

Selain itu, dia juga mengatakan bakal lebih mengedepankan dialog langsung dengan masyarakat dibandingkan hanya memasang alat peraga kampanye untuk merebut suara rakyat. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga meminta para ASN untuk berani melaporkan atasannya jika tidak netral dalam pemilu.

Sementara itu, calon wakil presiden nomor urut 1 Muhaimin Iskandar berkampanye ke Pondok Pesantren Darul Muwahhidin untuk berkonsolidasi dengan relawannya serta tokoh agama setempat.

Di pesantren itu, pria yang akrab disapa Cak Imin tersebut mengatakan mengatakan seorang pemimpin harus bisa dipercaya dan menjaga amanah dari rakyat, sehingga segala kebijakan harus mengedepankan kemaslahatan masyarakat.

Dia juga mengeklaim dukungan ulama semakin banyak untuk pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar atau AMIN, sehingga jalan untuk memenangi Pilpres 2024 semakin mudah.

Usai kegiatan itu, Muhaimin juga memberikan pernyataan bahwa dirinya menyayangkan pernyataan pernyataan Kepala Staf Presiden (KSP) Moeldoko, yang menilai dukungan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Garut mendukung Gibran Rakabuming Raka di Pilpres 2024 bukan suatu pelanggaran, menyakiti nurani dan etika.

Setelah itu, dia melanjutkan kegiatan dengan menemui para petani di Garut serta melakukan kampanye sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

Prabowo-Gibran

Calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto mengunjungi Kantor PWI Pusat, Jakarta, untuk berdialog dengan para pengurus.

Prabowo merupakan capres terakhir yang mengunjungi organisasi wartawan itu setelah didahului oleh Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan beberapa waktu lalu.

Di hadapan pengurus PWI Pusat, mantan pangkostrad TNI Angkatan Darat itu menegaskan sikapnya bahwa dia orang yang percaya demokrasi. Dia membuktikan hal tersebut berdasarkan pengalamannya mengikuti konvensi bakal calon presiden beberapa partai politik hingga maju sebagai calon presiden.

Dia juga mengaku memilih jalan politik bergabung dengan pemerintahan Presiden Joko Widodo, yang merupakan lawannya di Pemilu 2019, karena kesamaan visi dan misi.

Oleh karena itu, hilirisasi, yang telah dirintis Presiden Jokowi, pun menjadi agenda prioritas Prabowo jika dia terpilih sebagai presiden dalam Pilpres 2024.

Masih di hadapan pengurus PWI, dia juga menyampaikan bahwa Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) diyakini mampu membiayai pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) dan program perbaikan gizi-nya, yaitu bagi-bagi susu dan makan siang gratis serta bantuan gizi untuk ibu hamil.

Di sisi lain, ia juga membantah bahwa program perbaikan gizi yaitu bagi-bagi susu dan makan siang gratis untuk pelajar dan santri serta bantuan gizi untuk ibu hamil merupakan bisnis yang menggiurkan.

Ganjar-Mahfud

Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo memulai kampanye dengan mengunjungi petani di Kabupaten Blora, Jawa Tengah. Dia berjanji bakal menjalin kerja sama internasional guna memenuhi ketersediaan pupuk nasional, terutama pupuk subsidi yang mengalami kelangkaan di berbagai daerah.

Ganjar lalu melanjutkan kampanye dengan menghadiri konsolidasi tim pemenangannya dan relawannya di Blora. Di acara itu, dia berpesan agar seluruh kader dan relawan giat turun ke masyarakat guna menyampaikan program pasangan calon Ganjar Pranowo-Mahfud MD hingga mengajarkan pemilih mengenai teknis pencoblosan.

Dia pun kemudian mengunjungi Kabupaten Rembang untuk bertemu dengan para nelayan. Dalam kesempatan itu, dia berjanji akan menghapus kredit macet nelayan, yang menurut perhitungannya mencapai hampir Rp190 miliar.

Di sisi lain, Mantan Gubernur Jawa Tengah itu juga mengaku mengintensifkan kampanye di Jawa Tengah (Jateng) untuk menjaga “rumah sendiri”. Dalam dua pekan terakhir, Jawa Tengah merupakan daerah yang tidak terlewatkan oleh Ganjar dalam kegiatan kampanye.

Sementara itu, calon wakil presiden nomor urut 3 Mahfud MD melakukan kegiatan di Jakarta dengan mengunjungi Wisma Keuskupan Agung Jakarta.

Dalam kesempatan itu, dia menanggapi wacana yang beredar bahwa pejabat publik termasuk menteri, wajib mundur jika mengikuti Pilpres 2024. Adapun dia saat ini masih menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan.

Dia mengatakan bahwa dirinya akan mengikuti moralitas yang diyakini dalam bertugas sebagai menteri dan juga sebagai cawapres. Selain itu, dia juga menjamin satuan tugas (satgas) pemilu di Kemenko Polhukam tidak memiliki konflik kepentingan.

Terkait isu debat capres, dia mengaku tidak mempermasalahkan keberadaan dua orang yang terafiliasi dengan Universitas Pertahanan (Unhan) di antara 11 panelis debat ketiga capres Pemilu 2024.

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © BERITA CALEG 2024

[ad_2]

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *