klik X untuk tutup iklan ini
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Politik

Ratusan pelajar kunjungi DPRD Babel pelajari tugas-fungsi legislatif

×

Ratusan pelajar kunjungi DPRD Babel pelajari tugas-fungsi legislatif

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

[ad_1]

“Rombongan SMA Negeri Simpangteritip yang mencapai lebih dari 200 orang ini sebagai salah satu bentuk aplikasi merdeka belajar, kami harapkan bermanfaat dalam menambah pengetahuan dan wawasan mereka,”

Example 300x600

Pangkalpinang (BERITA CALEG) – Ratusan pelajar SMA Negeri 1 Simpangteritip, Kabupaten Bangka Barat mengunjungi Kantor DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk mempelajari tugas pokok dan fungsi legislatif.

“Rombongan SMA Negeri Simpangteritip yang mencapai lebih dari 200 orang ini sebagai salah satu bentuk aplikasi merdeka belajar, kami harapkan bermanfaat dalam menambah pengetahuan dan wawasan mereka,” kata Kepala Sekolah SMAN 1 Simpangteritip, Agus Risnan Jaya di Pangkalpinang, Jumat.

Rombongan diterima oleh Anggota Komisi IV DPRD Provinsi Kepulauan Babel Ariyanto, Sekretaris DPRD Babel Marwan dan sejumlah pegawai di lembaga tersebut di Ruang Rapat Paripurna DPRD Provinsi Babel.

Ia mengatakan kedatangan para pelajar ke kantor DPRD Provinsi Babel sebagai implementasi dan penguatan mata pelajaran sejarah tentang sejarah demokrasi yang salah satunya mempelajari tugas dan fungsi anggota Dewan Perwakilan Rakyat.

“Mereka kami ajak ke sini agar bisa belajar langsung bagaimana tugas dan fungsi DPRD serta program-program yang dikerjakan,” katanya.

Dengan adanya kegiatan seperti ini diharapkan dapat memberikan ilmu baru bagi para anak didiknya serta dapat memotivasi siswa-siswi untuk lebih bersemangat lagi dalam menuntut ilmu.

Anggota Komisi IV DPRD Provinsi Babel Ariyanto memberikan kuliah singkat tentang sejarah terbentuknya DPRD, jumlah Anggota DPRD, alat kelengkapan dewan, tugas dan fungsi DPRD yang semuanya bertujuan agar roda pemerintahan dapat berjalan optimal sesuai dengan aturan undang-undang.

DPRD sendiri merupakan amanat dari UUD 1945, terutama di dalam pasal 18 ayat 3 bahwa Pemerintahan daerah provinsi, kabupaten dan kota memiliki Dewan Perwakilan Rakyat Daerah yang anggota-anggotanya dipilih melalui pemilihan umum.

“Begitu pula setelah terpilih anggota DPRD mempunyai tugas dan fungsi yang sudah diatur di dalam peraturan perundang-undangan, seperti fungsi legislasi, penganggaran dan pengawasan. Selain itu DPRD juga memiliki alat kelengkapan dewan,” kata Ariyanto.

Ariyanto yang saat ini juga menjabat sebagai ketua BK DPRD Babel ini berharap apa yang dipelajari melalui kunjungan tersebut dapat menambah wawasan dan memberikan motivasi bagi generasi muda dalam mencapai tujuan atau cita-cita.

“Dengan motivasi dan kesungguhan hati generasi muda ini, kami yakin ke depan Provinsi Babel dapat memiliki calon pemimpin yang berkualitas. Oleh karena itu belajarlah dengan tekun, mudah-mudahan Allah berkehendak para pemuda dari Simpangteritip ini dapat lahir anak-anak yang berprestasi dan pemimpin masa depan,” katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta/Elza Elvia
Editor: Agus Setiawan
COPYRIGHT © BERITA CALEG 2023

[ad_2]

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *