klik X untuk tutup iklan ini
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Berita

Menyambut Ramadhan LKC NTT Gelar Donor Darah

×

Menyambut Ramadhan LKC NTT Gelar Donor Darah

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

Kupangonline.com-Kupang , NTT — Minggu (18/2/2024), LKC (Layanan Kesehatan Cuma-cuma) Dompet Dhuafa bersama PMI Kota Kupang, rumah makan bundo kanduang, dan seafood Bundo kanduang menggelar kegiatan donor darah bertempat di Rumah makan Bundo Kanduang. Aksi donor darah ini digelar dalam rangka menyambut Ramadhan 1445H dan memperingati 1 tahun RM seafood.

Donor darah merupakan salah satu aktiftas dari layanan RDK (respon darurat Kesehatan) yang rutin dilakukan oleh LKC. Kegiatan donor darah ini bertujuan untuk memberikan bantuan kepada orang yang membutuhkan sebagai wujud solidaritas kepada sesama manusia dan berkontribusi untuk menambah supply kebutuhan darah. Kami menargetkan melalui kegiatan ini bisa menyumbang 100 kantong darah karena yang mendaftar secara online jumlahnya diatas 100 ujar Ummi Kalsum selaku kepala LKC Wilayah NTT. “Selain kegiatan ini, kami juga memberikan layanan RDK individu kepada masyarakat yang bisa diakses melalui no HED”, tambahnya.
Acara dimulai dari pukul 08.30 WITA – 13.30 WITA. Para peserta terlebih dahulu mengisi registrasi, kemudian melakukan rangkaian cek kesehatan untuk memastikan, calon pendonor memenuhi syarat sebagai pendonor sehat dan dilanjutkan dengan pengambilan darah oleh PMI.
Masyarakat cukup antusias mengikuti kegiatan ini mulai dari anggota TNI, mahasiswa/I, DDV (dompet dhuafa volunteer) dan masyarakat umum. Terdaftar di lokasi 90 peserta, namun tidak semua bisa lolos dikarenanakan kondisi tubuh yang tidak fit diantaranya kurang istirahat, dan HB (hemoglobin) rendah. Dari total peserta yang ada 17 tidak lolos donor dan 73 berhasil donor. Kantong darah dari 73 pendonor dengan golongan darah O sebanyak 26, golongan darah A sebanyak 22, golongan darah B sebanyak 20 dan golongan darah AB sebanyak 5, ujar Sriwahyuni Usman selaku PIC kegiatan.
Salah seorang pendonor Prajurit satu Fauzi (22), mengungkapkan rasa terima kasih kepada LKC yang telah mengundang kami dari Yonif 743 untuk ikut terlibat di kegiatan donor darah ini sehingga kami bisa bermanfaat untuk orang- orang yang membutuhkan, dan senang sekali bisa menjadi pendonor pada hari ini.

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *