klik X untuk tutup iklan ini
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Politik

Mahfud tanggapi data anggaran pertahanan perlu dibuka ke publik

×

Mahfud tanggapi data anggaran pertahanan perlu dibuka ke publik

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

[ad_1]


Kalau ngajak ngomong berdua, namanya itu rembukan, bukan debat.Indramayu (BERITA CALEG) – Calon Wakil Presiden RI Mahfud Md. memberi tanggapan mengenai data anggaran pertahanan yang seharusnya dibuka untuk publik pada saat debat ketiga Pilpres 2024.

“Kalau anggaran itu dibuka ke publik, itu tanggung jawab ke publik. Bukan ngajak ngomong berdua bicara data, yang satu sudah bicara data ini datanya, lalu dia nanti omong berdua, enggak boleh dong,” ujar Mahfud di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, Senin.

Example 300x600

Pernyataan tersebut menanggapi Calon Presiden RI Prabowo Subianto yang juga Menteri Pertahanan yang mengajak calon presiden lainnya menunjukkan data anggaran pertahanan di luar acara debat ketiga pilpres yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

“Ini debat, harus ke publik jelaskan juga itu, salahnya data di sini, saya punya gitu. Kalau ngajak ngomong berdua, namanya itu rembukan, bukan debat,” ujar dia.

Selain itu, menurut dia, dalam acara debat seharusnya Prabowo dapat membuka data-datanya, bukan mengajak bicara berdua.

Ditegaskan pula bahwa tidak semua yang ditanyakan adalah rahasia negara karena ada hal-hal yang diatur dalam undang-undang seperti desersi, strategi pertahanan, dan data intelijen.

Di sisi lain, Mahfud Md. mengatakan bahwa tidak ada yang diperdebatkan dari publik mengenai data-data anggaran tersebut.

“Paslon nomor urut 3 menang di semua lini, tidak ada perdebatan,” kata dia.

Baca juga: Anies terima ajakan diskusi Prabowo asalkan disaksikan semua orang

Baca juga: Nusron mengaku bersyukur Prabowo tidak buka-bukaan data di debat

Selepas debat pertama pada tanggal 12 Desember 2023 dan debat kedua pada tanggal 22 Desember 2023, KPU menggelar debat ketiga yang kembali mempertemukan para capres.

Tema debat ketiga yang diselenggarakan KPU di Jakarta, Minggu (7/1), meliputi pertahanan, keamanan, hubungan internasional, globalisasi, geopolitik, dan politik luar negeri.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © BERITA CALEG 2024

[ad_2]

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *