klik X untuk tutup iklan ini
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Politik

KPU Kota Bandung libatkan 1.072 pekerja sortir dan lipat surat suara

×

KPU Kota Bandung libatkan 1.072 pekerja sortir dan lipat surat suara

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

[ad_1]


Kota Bandung (BERITA CALEG) – Komisi Pemilihan Umum Kota Bandung, Jawa Barat, memulai penyortiran dan pelipatan surat suara Pemilihan Umum 2024 dengan melibatkan sebanyak 1.072 orang pekerja.

Ketua KPU Kota Bandung Wenti Frihadianti mengatakan penyortiran dan pelipatan surat suara dilakukan untuk surat suara pemilihan calon presiden-wakil presiden, DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi Jabar, dan DPRD Kota Bandung dengan jumlah masing-masing 1.913.569 lembar.

Example 300x600

“Untuk penyortiran dan pelipatan surat suara berlangsung mulai hari ini sampai tanggal 18 Januari 2024,” kata Wenti di Bandung, Senin.

Wenti mengatakan para pekerja yang dilibatkan dalam penyortiran dan pelipatan surat suara ini direkrut dari seluruh kecamatan di Kota Bandung. Perekrutan pekerja itu mengandalkan panitia pemilihan kecamatan (PPK), tetapi ada juga masyarakat yang datang langsung ke kantor KPU Kota Bandung.

“Jadi, masyarakat ada yang langsung ke kantor KPU, ada kurang lebih 200 orang dan selebihnya itu kita berdasarkan dari PPK di tiap kecamatan yang merekomendasikan beberapa orang untuk menjadi petugas sortir dan lipat surat suara,” katanya.​​​​​​​

Baca juga: KPU Kota Bandung terima surat suara untuk DPR dan DPRD Provinsi

Wenti menjelaskan para pekerja sortir dan pelipat surat suara akan diperiksa terlebih dahulu oleh petugas KPU sebelum masuk gudang logistik KPU Kota Bandung yang menjadi tempat penyortiran dan pelipatan surat suara.

“Petugas sortir dan pelipat surat suara dilarang membawa tas, ponsel, kamera, korek api, dan barang berbahaya lainnya ke dalam ruangan,” tambahnya.

Mengenai adanya temuan surat suara yang rusak, Wenti menyampaikan lembaganya akan berkoordinasi terlebih dahulu dengan KPU Provinsi Jabar untuk mendata dan melaporkan temuan surat suara yang rusak.

Baca juga: KPU Kota Bandung siapkan gudang untuk penyimpanan logistik Pemilu 2024

“Kita tetap melihat dari petunjuk teknisnya. Nah, kalau sekiranya memang dari kondisinya surat-surat masih bagus, misalnya hanya ada titik tinta atau apa itu kita tetap melakukan pelaporan,” katanya.

Selain itu, KPU Kota Bandung juga telah menggandeng Dinas Kesehatan setempat untuk mengantisipasi kasus kelelahan, dehidrasi, atau gangguan kesehatan lainnya yang mungkin dialami para pekerja saat melakukan penyortiran dan pelipatan surat suara.

“Termasuk penyediaan fasilitas kesehatan berupa ambulans dan keperluan lainnya. Itu kita sudah melakukan koordinasi, termasuk ada penempatan khusus untuk pekerja yang sakit,” katanya.

Baca juga: KPU Kota Bandung sosialisasikan Pemilu 2024 lewat tayangan film

Pewarta: Rubby Jovan Primananda
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © BERITA CALEG 2024

[ad_2]

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *