klik X untuk tutup iklan ini
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Politik

Jokowi minta Menag suarakan terus keberpihakan RI ke Palestina

×

Jokowi minta Menag suarakan terus keberpihakan RI ke Palestina

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

[ad_1]

Pemerintah ini berada di pihak Palestina, tadi perintah Presiden itu untuk selalu disampaikan kepada publik

Example 300x600

Jakarta (BERITA CALEG) – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas untuk menyuarakan terus-menerus keberpihakan Indonesia terhadap perjuangan bangsa Palestina.

“Pemerintah ini berada di pihak Palestina, tadi perintah Presiden itu untuk selalu disampaikan kepada publik,” kata Yaqut setelah diterima Presiden Jokowi di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin.

Jokowi juga memerintahkan Menag untuk mencari bantuan alternatif lain yang dapat diberikan kepada Palestina. Pada Sabtu (4/11), Pemerintah Indonesia telah mengirimkan bantuan kemanusiaan seperti kebutuhan makanan, obat-obatan, perlengkapan wanita dan anak-anak untuk masyarakat Palestina.

“Bukan hanya menyuarakan, ada hal konkret yang bisa dilakukan selain bantuan yang diberikan,” ujarnya.

Baca juga: Indonesia minta Israel berhenti serang rumah sakit

Baca juga: Retno ungkapkan evakuasi satu keluarga WNI dari Gaza belum berhasil

Menurut Yaqut, akan ada bantuan selanjutnya yang dikirimkan Indonesia kepada masyarakat Palestina. Selain itu, kata Yaqut, Kemenag juga diminta menggalang solidaritas umat untuk membantu Palestina.

“Untuk hal-hal yang lain supaya kami yang sebagai menteri di Kementerian Agama diminta untuk mencari alternatif untuk menggalang solidaritas dengan umat,” ucap Yaqut.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Sabtu (4/11) telah melepas pengiriman bantuan kemanusiaan dari Pemerintah RI untuk warga Palestina di Gaza, antara lain berupa alat kesehatan dan makanan seberat total 51,5 ton.

“Alhamdulillah bantuan Indonesia untuk Palestina akan segera diberangkatkan menuju Bandara El Arish Mesir dan diteruskan ke Gaza,” kata Jokowi saat melepas pengiriman bantuan di Base Ops Pangkalan Udara (Lanud) TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta Timur di Jakarta, Sabtu pagi.

Baca juga: Tim Pembangun RS Indonesia bantah tuduhan Israel soal terowongan

Bantuan itu diangkut menggunakan tiga pesawat, meliputi dua pesawat C-130 Hercules bernomor ekor A-1327 dan A-1328 berasal dari Skadron Udara 31 dan Skadron Udara 32 TNI AU, serta satu pesawat sewa Boeing 737 Garuda Indonesia.

Pada kesempatan itu, Jokowi menekankan kembali bahwa Indonesia akan terus bersama dalam perjuangan Bangsa Palestina.

“Ini merupakan wujud solidaritas Indonesia, wujud kepedulian bangsa Indonesia terhadap kemanusiaan, karena tragedi kemanusiaan yang ada di Gaza tidak dapat diterima harus sesegera mungkin dihentikan,” kata Jokowi.

Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: Chandra Hamdani Noor
COPYRIGHT © BERITA CALEG 2023

[ad_2]

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *