Politik

Jokowi kembali ke Tanah Air usai lawatan kerja ke AS dan Arab Saudi

0
×

Jokowi kembali ke Tanah Air usai lawatan kerja ke AS dan Arab Saudi

Sebarkan artikel ini

[ad_1]


Jakarta (BERITA CALEG) – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) kembali bertolak menuju Tanah Air, Jumat waktu Amerika Serikat, atau Sabtu pagi waktu Indonesia, setelah kunjungan kerja selama satu pekan ke Kerajaan Arab Saudi dan Amerika Serikat.

Usai mengikuti rangkaian Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) APEC di San Francisco, Amerika Serikat, Pesawat Garuda Indonesia (GIA-1) yang membawa Presiden dan rombongan lepas landas sekitar pukul 15.00 waktu setempat (WS) atau Sabtu, 18 November 2023, pukul 06.00 WIB dari Bandar Udara Internasional San Fransisco.

Sebagaimana keterangan Biro Pers Sekretariat Presiden diterima di Jakarta, sejumlah pejabat turut melepas keberangkatan Presiden Jokowi di bandara yaitu Pelaksana Tugas Kepala Protokol Negara Amerika Serikat Ethan Rosewnzweig, Kuasa Usaha Ad Interim KBRI Washington DC Sade Bimantara, serta Atase Pertahanan RI Washington DC Marsma TNI Tjahya Elang Migdiawan serta Konsul Jenderal RI San Francisco Prasetyo Hadi.

Presiden Jokowi dan rombongan diperkirakan akan tiba di Tanah Air pada Minggu dini hari, 19 November 2023.

Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam penerbangan menuju Tanah Air yaitu Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

Dalam KTT APEC, Mosconce Center, San Francisco, Presiden Jokowi mendesak para pemimpin APEC untuk bertindak menghentikan perang, mempercepat gencatan senjata, dan memastikan bantuan kemanusiaan bagi masyarakat Gaza dapat dikirimkan tanpa hambatan.

Jokowi secara tegas mengkritik kondisi yang terjadi terhadap masyarakat di Gaza. Presiden menilai bahwa saat ini jangankan hak untuk membangun, hak hidup bagi masyarakat Gaza pun tidak dihormati.

“Sebelum kita memulai topik kita tentang pembangunan inklusif, mari kita sejenak memikirkan tentang masyarakat di Gaza. Jangankan pembangunan, saat ini hak hidup mereka pun tidak dihormati,” kata Presiden pada Jumat (17/11) waktu setempat.

Selanjutnya, mengenai pembangunan inklusif, Presiden Jokowi menuturkan bahwa para ekonomi APEC perlu memprioritaskan realisasi peluang dan pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan tangguh.

“Kawasan Asia Pasifik memiliki potensi besar, 62 persen PDB global dan 48 persen perdagangan dunia berasal dari APEC, dan di tengah situasi dunia tidak menentu, APEC perlu prioritaskan realisasi peluang dan pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan tangguh yang dapat dicapai bersama,” kata Kepala Negara.

Saat kunjungan kerja di Riyadh, Arab Saudi, Jokowi menghadiri KTT Luar Biasa Organisasi Kerja Sama Islam (OKI). Dalam KTT itu, Jokowi mendorong OKI untuk bersatu dan berada di garda terdepan dalam penyelesaian krisis di Gaza, Palestina.

“OKI harus bersatu, harus berada di garis depan menggunakan semua cara damai, semua pengaruh, dan semua upaya diplomasi untuk bela keadilan dan kemanusiaan bagi Palestina,” ujar Presiden Jokowi pada 11 November 2023.

Baca juga: Presiden Jokowi salat Jumat di San Fransisco usai hadiri KTT APEC

Baca juga: Jokowi tekankan tiga fokus APEC untuk hadapi perubahan iklim

Baca juga: Jokowi tekankan pentingnya kerja sama saling menguntungkan di IPEF

Baca juga: Jokowi ajak pebisnis APEC agresif dan cepat manfaatkan investasi di RI

Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: Guido Merung
COPYRIGHT © BERITA CALEG 2023

[ad_2]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *