klik X untuk tutup iklan ini
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Politik

BKSAP DPR dukung peningkatan nilai perdagangan Indonesia-Chile

×

BKSAP DPR dukung peningkatan nilai perdagangan Indonesia-Chile

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

[ad_1]


Jakarta (BERITA CALEG) – Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Putu Supadma Rudana mendukung penguatan kerja sama di berbagai bidang, termasuk peningkatan nilai perdagangan, antara Indonesia dan Chile dari tahun ke tahun.

“Indonesia dan Chile telah menjalin kerja sama di berbagai bidang, termasuk ekonomi. Kami apresiasi negara kita telah memiliki perjanjian Comprehensive Economic Partnership Agreement (CEPA) yang ditandatangani pada tahun 2017 dan berlaku sejak tahun 2019; dan melalui fungsi pengawasan, kami selalu memantau penerapan instrumen ekonomi apa pun yang kita miliki agar penerapannya lebih efektif,” kata Putu Supadma dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Senin.

Example 300x600

Untuk meningkatkan hubungan kedua negara, Putu juga berharap hubungan people to people antara Indonesia dan Chile dapat diperkuat, salah satunya melalui sektor pariwisata.

Baca juga: BKSAP DPR apresiasi diplomasi Kemlu RI untuk kemerdekaan Palestina

Putu menuturkan saat ini Indonesia memiliki lima destinasi wisata super prioritas Indonesia, yaitu Danau Toba di Sumatera Utara, Candi Borobudur di Jawa Tengah, Mandalika di Nusa Tenggara Barat (NTB), Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur (NTT), dan Likupang di Sulawesi Utara.

“Saya berharap semakin banyak wisatawan asal Chile yang berkunjung ke tempat-tempat tersebut; karena mereka tidak hanya bisa merasakan indahnya destinasi super prioritas tersebut, tetapi juga bisa belajar tentang keberagaman budaya Indonesia dari masyarakat kita,” katanya.

Sebaliknya, Putu berharap masyarakat Indonesia semakin banyak berkunjung ke Chile karena negara tersebut memiliki daya tarik wisata yang beragam.

Baca juga: Berkunjung ke Chile, BKSAP DPR RI siap jalin kerjasama antar parlemen

Dia juga berharap agar pengembangan kerja sama antara Indonesia dan Chile dapat dibangun melalui penguatan hubungan antarparlemen melalui forum-forum internasional, serta memperkuat hubungan di sektor sosial-kebudayaan.

Putu melangsungkan pertemuan bilateral dengan parlemen Chile di Chile, pada Rabu (25/10). Kunjungan diplomatik BKSAP DPR RI ke Chile itu dilakukan sebagai upaya menjalin kerja sama antarparlemen.

Baca juga: BKSAP DPR dorong penghentian perang di Palestina pada sidang IPU 

Pewarta: Melalusa Susthira Khalida
Editor: Fransiska Ninditya
COPYRIGHT © BERITA CALEG 2023

[ad_2]

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *