klik X untuk tutup iklan ini
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Politik

Atikoh Ganjar: masyarakat dan pedagang butuhkan stabilisasi harga

×

Atikoh Ganjar: masyarakat dan pedagang butuhkan stabilisasi harga

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

[ad_1]


Jakarta (BERITA CALEG) – Siti Atikoh Supriyanti, istri calon Presiden Nomor Urut 3, Ganjar Pranowo mengatakan, masyarakat dan pedagang membutuhkan stabilisasi harga bahan kebutuhan pokok.

“Hal yang adil bagi penjual dan pembeli adalah harga yang stabil. Penjual tidak pusing menentukan harga jual. Pembeli juga bisa tenang menghitung kemampuan belanjanya,” kata Atikoh seperti dikutip dari akun Instagram pribadinya @atikoh.s, Rabu.

Example 300x600

Pernyataan itu disampaikan setelah blusukan ke pasar-pasar tradisional di berbagai daerah serta berdialog dengan masyarakat dan pedagang.

Atikoh mengungkapkan masyarakat dan pedagang sama-sama mengeluhkan harga bahan pokok, seperti gula, beras, dan cabai yang melonjak dalam beberapa bulan terakhir.

Keluhan serupa juga disampaikan pedagang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Tegal, Jawa Tengah saat berdialog dengan Atikoh.

Salah seorang pedagang cemilan tradisional “Rambut Nenek” mengeluhkan harga gula yang melambung dari Rp12.000 per kilogram menjadi Rp18.000 per kilogram.

Dia menuturkan, sebenarnya masyarakat dan pedagang sama-sama tidak menuntut harga bahan pokok yang murah, melainkan yang terjangkau dan stabil.

Diakui harga bahan pangan kalau murah, maka akan merugikan para petani, juga pedagang karena margin keuntungan tipis.

Begitu pula jika harga pangan terlalu mahal, daya beli masyarakat berkurang, dan pedagang pun tak bisa mengambil keuntungan.

“Jadi masyarakat dan pedagang itu yang dibutuhkan bukan harga murah tapi affordable, maksudnya yang terjangkau dan stabil, sebab kalau harga pangan dari produk pertanian murah, yang nangis nanti petaninya,” tutur Atikoh.

 

Pewarta: Fianda Sjofjan Rassat
Editor: Edy M Yakub
Copyright © BERITA CALEG 2024

[ad_2]

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *