klik X untuk tutup iklan ini
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Politik

Pengamat: Capres prioritaskan debat untuk adu gagasan ketimbang gimik

×

Pengamat: Capres prioritaskan debat untuk adu gagasan ketimbang gimik

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

[ad_1]


Surabaya (BERITA CALEG) –

Pengamat politik dari Universitas Trunojoyo Madura Surokim Abdussalam berharap para calon presiden lebih memprioritaskan agenda debat pada 7 Januari 2024 sebagai ajang adu gagasan rasional, ketimbang mengedepankan gimik atau hal-hal personal.

Example 300x600

 

“Gimik itu seperlunya saja, harus lebih santai dan tidak mendramatisir,” kata Surokim saat dihubungi BERITA CALEG melalui sambungan telepon di Surabaya, Rabu.

 

Menurut dia, jika proporsi gimik lebih mendominasi maka publik akan kesulitan memahami dan mendapatkan jawaban terhadap permasalahan, sebab panggung debat merupakan saran edukasi politik bagi masyarakat.

 

Selain itu, sesi debat publik juga terdapat batasan waktu bagi seorang kandidat menyampaikan gagasan dan menjawab pertanyaan.

 

“Intinya kandidat itu diminta bisa impresif dan persuasif, agar kesan di publik paling tidak dia bisa menguasai materi dan menghadirkan sesuatu yang baru,” ujarnya.

 

Sementara pada sesi debat capres minggu ini mengangkat tema pertahanan, keamanan, hubungan internasional dan geopolitik.

 

Surokim menyebut tema itu begitu dekat dengan Prabowo Subianto yang notabenenya berpengalaman terjun di dunia militer dan saat ini menduduki jawaban sebagai Menteri Pertahanan.

 

Namun, hal tersebut tak jadi jaminan penampilan Prabowo mampu menjawab ekspektasi publik. Tak menutup kemungkinan kontestan lainnya, yakni Anies dan Ganjar justru tampil lebih baik.

 

“Ini persoalan menyampaikan gagasan dan ide untuk publik, belum tentu yang punya pengalaman di suatu bidang bisa miliki pola komunikasi publik yang bagus juga,” katanya.

 

Karena itu, Surokim berharap ketiga kandidat nantinya bisa tampil lebih meyakinkan ketimbang pada debat edisi pertama dengan melakukan penguatan, baik itu dari sisi materi pada tema debat, komunikasi publik, hingga penguasaan panggung.

 

“Banyak menjadi faktor menarik keyakinan publik atau justru publik malah tidak yakin, terutama swing voter,” ucap dia.

 

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada hari Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pilpres 2024.

 

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3.

 

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, sedangkan jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Pewarta: Willi Irawan/Ananto Pradana
Editor: Edy M Yakub
Copyright © BERITA CALEG 2024

[ad_2]

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *