klik X untuk tutup iklan ini
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Politik

Anies sebut pemerintah harus kolaborasi aktif dengan pelaku usaha

×

Anies sebut pemerintah harus kolaborasi aktif dengan pelaku usaha

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

[ad_1]


Jadi, kolaborasi itu satu level di atas partisipasi.Jakarta (BERITA CALEG) –

Calon Presiden (Capres) Anies Rasyid Baswedan mengatakan pemerintah harus berkolaborasi aktif dengan pelaku usaha guna menghasilkan pengelolaan dan regulasi yang kondusif untuk membangun perekonomian nasional.

Example 300x600

 

Anies menjelaskan bahwa kolaborasi adalah pemerintah berwenang untuk mengeluarkan kebijakan, tetapi tetap melibatkan pelaku usaha seperti Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) untuk menyusun kebijakan.

 

“Jadi, prinsip kolaborasi artinya pemerintah yang memang memegang kewenangan, tetapi dalam menyusun kebijakan bukan hanya mengundang untuk partisipasi, melainkan kolaborasi. Jadi, kolaborasi itu satu level di atas partisipasi,” kata Anies setelah menghadiri kegiatan Debat Bersama Kadin Menuju Indonesia Emas 2045 di Djakarta Theater, Jakarta, Kamis (11/1) malam.

 

Dengan kolaborasi, kata dia, ada proses timbal balik dari gagasan yang dimiliki pemerintah dengan konsep yang dimiliki oleh pelaku usaha.

 

Dengan melakukan itu, lanjut Anies, proses menyusun kebijakan harus didiskusikan dam dibahas bersama dahulu sebelum menjadi peraturan atau regulasi.

 

“Jadi, intinya bagi kami (Anies-Muhaimin, red.), Kadin itu adalah sebuah entitas bersama untuk kebutuhan administrasi dan manajemen dibagi di pusat dan daerah,” tutur dia.

 

Kolaborasi itu, kata mantan Rektor Universitas Paramadina itu,  juga akan turut mendorong terciptanya iklim usaha yang sehat dan berkesinambungan (sustainability) ke depan.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada hari Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.
 

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

 

Pewarta: Donny Aditra
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © BERITA CALEG 2024

[ad_2]

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *