klik X untuk tutup iklan ini
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Politik

Wakil Ketua MPR dorong perbaikan kualitas demokrasi

×

Wakil Ketua MPR dorong perbaikan kualitas demokrasi

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

[ad_1]


Jakarta (BERITA CALEG) – Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat mendorong perbaikan kualitas demokrasi demi terwujudnya proses pembangunan yang berkeadilan di Indonesia.

“Perbaikan kualitas demokrasi harus konsisten dilakukan, demi terwujudnya proses pembangunan yang berkeadilan dan menghasilkan kemakmuran yang merata bagi seluruh rakyat Indonesia,” katanya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu.

Example 300x600

Hal itu disampaikan Lestari saat memberikan sosialisasi empat pilar kebangsaan di Semarang, Jawa Tengah, Sabtu. Sosialisasi itu dilakukan bersama DPW Partai NasDem Jawa Tengah dan Garda Pemuda NasDem serta komunitas pemuda di Jawa Tengah.

Dalam sosialisasi itu, dia juga mengingatkan kegaduhan yang terjadi menjelang kontestasi pada tahun politik mendatang, harus disikapi dengan bijaksana, melalui pelaksanaan kehidupan berbangsa yang lebih demokratis dan berkeadilan.

Menurut Lestari, semua pihak, termasuk para pemangku kebijakan di tingkat pusat dan daerah harus benar-benar mengedepankan upaya, agar penyelenggaraan pemilu bisa berjalan dengan sejuk dan damai. Sehingga bisa melahirkan pemimpin yang mampu menjawab tantangan bangsa saat ini dan di masa datang.

“Pemilu 2024 akan menjadi yang terbesar dalam sejarah Indonesia, karena diperkirakan 200 juta orang lebih ikut pesta demokrasi itu,” ungkapnya.

Menurut dia, peran masyarakat dan partai politik juga sangat penting dalam mewujudkan proses kontestasi yang berlangsung jujur dan adil. Diharapkan setiap anak bangsa, harus mampu mengamalkan nilai-nilai kebangsaan yang terkandung dalam empat konsensus bangsa yaitu Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, UUD 1945 dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), yang merupakan warisan pendiri negeri.

Kata dia, mengedepankan kepentingan bangsa daripada kepentingan pribadi atau golongan, adalah salah satu nilai kebangsaan yang penting dan harus dipahami serta diterapkan di masa kontestasi.

Lestari sangat berharap semua pihak, setiap anak bangsa bersama-sama mampu mewujudkan proses pembangunan, termasuk di bidang politik, demi melahirkan para pemimpin yang mampu membawa bangsa Indonesia menikmati keadilan dan kesejahteraan yang merata bagi semua.

Baca juga: TII: Jumlah dan kualitas perempuan di parlemen perlu terus ditambah 

Baca juga: Kominfo ingatkan disinformasi politik mundurkan kualitas demokrasi

Pewarta: Fauzi
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © BERITA CALEG 2023

[ad_2]

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *