klik X untuk tutup iklan ini
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Politik

TPN temukan laporan tentang anomali demokrasi di daerah

×

TPN temukan laporan tentang anomali demokrasi di daerah

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

[ad_1]


Jakarta (BERITA CALEG) – Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Mahfud menemukan laporan-laporan terkait anomali demokrasi di daerah.

Hal itu disampaikan Deputi Politik 5.0 TPN Ganjar-Mahfud, Andi Widjajanto saat wawancara eksklusif bersama BERITA CALEG di Menteng, Jakarta, Jumat (5/1).

Example 300x600

“Di Kedeputian Hukum kami, Bapak Todung Mulya Lubis, itu setiap hari selalu mengumpulkan laporan tentang netralitas, setiap hari memunculkan laporan tentang anomali demokrasi di daerah-daerah,” kata Andi.

Dalam rapat terakhir dua hari yang lalu, ada 30 kasus paling menonjol mengenai demokrasi Indonesia. Pertama, Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusi (MKMK) memutuskan ada pelanggaran kode etik dan perilaku hakim konstitusi terkait Putusan Mahkamah Konstitusi (MK) Nomor 90/PUU-XXI/2023 soal batas usia calon presiden dan calon wakil presiden pada Selasa petang.

“Itu kasus menonjol pertama sampai yang terakhir itu misalnya ada Satpol PP yang melakukan keberpihakan,” ujarnya.

Kedua, kata Andi, kasus penganiayaan relawan Ganjar-Mahfud di Boyolali hingga pemasangan baliho di Kota Batam. Oleh karena itu, TPN akan terus mengumpulkan laporan untuk disampaikan kepada penyelenggara pemilu.

Dia berharap laporan tersebut akan membuat pelaksanaan pemilu semakin baik menjelang kampanye terbuka zonasi pada Minggu (21/1). Selain itu, hal ini untuk mencegah terjadinya gesekan yang tidak perlu.

“Dan ada pertanyaan tentang kualitas demokrasi dan netralitas aparat,” pungkas Andi.

Baca juga: TPN fokus di 12-14 daerah saat kampanye terbuka

Baca juga: Andi Widjajanto: Ganjar bakal sampaikan program baru di debat ketiga

Sebelumnya, KPU RI pada hari Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta pemilu presiden dan wakil presiden (Pilpres) 2024.

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

 

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: Laode Masrafi
Copyright © BERITA CALEG 2024

[ad_2]

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *