klik X untuk tutup iklan ini
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Politik

TPN: Keamanan siber jadi salah satu fokus Ganjar untuk debat capres

×

TPN: Keamanan siber jadi salah satu fokus Ganjar untuk debat capres

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

[ad_1]


Jakarta (BERITA CALEG) – Juru Bicara TPN Ganjar-Mahfud Aryo Seno Bagaskoro mengatakan isu keamanan siber dan geopolitik akan menjadi salah satu fokus capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo dalam debat ketiga Pilpres 2024 bertema Pertahanan dan Keamanan, Hubungan Internasional, dan Geopolitik.

“Debat ketiga nanti, Pak Ganjar akan fokus pada penyampaian isu-isu tersebut dengan pematangan dan diskusi dengan para pakar,” kata Aryo dalam keterangan tertulis yang diterima Berita Caleg di Jakarta, Selasa.

Example 300x600

Aryo mengatakan pasangan capres-cawapres Ganjar Pranowo-Mahfud Md juga akan meningkatkan kewaspadaan publik terhadap isu keamanan siber dan pencegahan kebocoran data.

Tantangan baru keamanan siber seperti utilisasi AI dan algoritma keamanan juga akan mendapatkan perhatian serius Ganjar-Mahfud.

Kemudian dalam konteks relasi global, Indonesia tidak boleh hanya maju, tetapi harus unggul dibandingkan negara-negara lain.

“Keunggulan itu bisa tercapai apabila kita konsisten dan serius dalam mencapai Indonesia Emas 2045 dengan memanfaatkan momentum bonus demografi,” kata Aryo.

Menurut dia, seluruh logika itu harus didasarkan pada kepastian dan penegakan hukum yang tegas. Rekrutmen dan penempatan duta besar harus berdasarkan kapabilitas, agar hubungan Indonesia dengan negara-negara lain semakin produktif, juga memberikan rasa perlindungan bagi para diaspora.

“Penjagaan wilayah perbatasan dan teritorial kita juga harus tegas,” ujar Aryo.

Kebijakan pro kesejahteraan aparat penegak hukum juga harus ditingkatkan. Maka Ganjar-Mahfud menyiapkan beasiswa khusus untuk anak-anak polisi dan tentara. Untuk meringankan beban pendidikan agar para prajurit dan polisi kita dapat fokus bertugas sesuai tupoksinya.

Baca juga: TPN: Ganjar-Mahfud berkomitmen wujudkan sistem pertahanan 5.0

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

KPU menetapkan jadwal pelaksanaan debat peserta Pilpres 2024. Seluruh rangkaian debat akan dilangsungkan di Jakarta secara berurutan pada tanggal 12 dan 22 Desember 2023, 7 dan 21 Januari 2024, serta 4 Februari 2024.

Debat capres dilangsungkan sebanyak tiga kali, sedangkan debat cawapres dua kali. Meski demikian, pasangan calon harus hadir pada lima kesempatan debat itu.

Baca juga: TPN jelaskan program Gastronomi Ganjar-Mahfud

Pewarta: Fianda Sjofjan Rassat
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © BERITA CALEG 2024

[ad_2]

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *