klik X untuk tutup iklan ini
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Politik

Round up – Hari ke-28 kampanye Pilpres 2024

×

Round up – Hari ke-28 kampanye Pilpres 2024

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

[ad_1]


Jakarta (BERITA CALEG) – Pada hari ke-28 kampanye Pemilihan Umum Presiden/ Wakil Presiden (Pilpres) 2024, Senin (25/12), dimanfaatkan ketiga pasangan calon untuk menyuarakan visi-misi kepada masyarakat di wilayah Indonesia Barat dan Tengah.

Pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 1 Anies Rasyid Baswedan dan Muhaimin Iskandar kompak melakukan kampanye di daerah Jawa Tengah.

Example 300x600

Kemudian, untuk calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto memilih tetap berada di Jakarta, sedangkan calon wakil presiden Gibran Rakabuming Raka berada di Jawa Tengah (Jateng), tepatnya di Kota Surakarta dan Semarang.
 

Sementara itu, pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo memilih untuk bernostalgia di rumah masa kecilnya di Tawangmangu, Karanganyar, Jateng. Sedangkan Cawapres Mahfud yang awalnya dijadwalkan berkampanye di wilayah Nusa Tenggara Barat (NTB), justru terpaksa harus istirahat sejenak akibat jadwal kampanye yang padat sebelumnya, sehingga batal berkunjung ke provinsi tersebut.

 

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, sedangkan pemungutan suara dilaksanakan pada hari Rabu, 14 Februari 2024.

 

Berikut rangkuman kegiatan tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden pada hari kedelapan kampanye.

Anies-Muhaimin

 

Anies mengawali kampanye dengan berziarah ke makam Kiai Haji (KH) Bisri Mustofa di Kabupaten Rembang, Jawa Tengah, pada Hari Raya Natal 2023.

Mantan rektor Universitas Paramadina itu mengatakan bahwa almarhum KH Bisri Mustofa merupakan kiai karismatik yang menjadi sosok pejuang dan penuh keteladanan bagi masyarakat.

Setelah itu, dia juga berziarah ke makam KH Cholil Harun dan KH Cholil Bisri. Ia sekali lagi menyampaikan kekagumannya atas jasa para ulama Rembang itu, karena Pondok Pesantren Raudlatut Thalibin bisa berkembang secara masif sampai saat ini.

Berdasarkan keterangan tertulis dari Kedeputian Media dan Komunikasi Tim Nasional (Timnas) Pemenangan Anies-Muhaimin (AMIN), usai berziarah di makam para ulama, Anies juga sempat merespons candaan Ketua Umum PBNU Yahya Cholil Staquf yang menyebut cawapres Muhaimin tidak akan menang dalam Pilpres 2024.

Anies mengatakan bahwa urusan untuk menilai potensi menang di pilpres bisa dilakukan oleh siapa saja dan memiliki hak untuk berkomentar. Namun dia dan Muhaimin hanya bisa berusaha guna mewujudkan perubahan untuk Indonesia yang lebih baik ke depannya.

Setelah itu, Anies melanjutkan perjalanan ke Pondok Pesantren Al Wahdah di Desa Sunbergirang, Kecamatan Lasem yang diasuh oleh Kiai Ahfas Hamid Baidlowi atau yang biasa dikenal sebagai Gus Ahfas Lasem.

Saat berkunjung, Anies disambut teriakan para santri yang mengelu-elukan namanya. Di tempat itu, mantan gubernur DKI Jakarta bercengkrama dan bertukar pikiran dengan para pengasuh ponpes, serta sempat meresmikan posko sukarelawan yang berada di sekitar tempat tersebut.

Kemudian, mantan menteri pendidikan dan kebudayaan itu kembali berpindah tempat guna menghadiri acara “Risalah Sarang, Halaqah Kebangsaan, dan Ijtimak Ulama Jawa Tengah dan Jawa Timur untuk Perubahan Indonesia ” di Pondok Pesantren Ma’hadul ‘Ulum Asy-Syar’iyyah, Sarang, Rembang.

Di tempat tersebut, Anies mendapatkan dukungan dari ulama se-Jateng dan Jatim, serta menerima delapan rekomendasi untuk diwujudkan, jika terpilih memimpin Indonesia pada 2024.

Anies menyebut, dukungan dari para ulama menjadi suntikan semangat untuk terus memperjuangkan gagasan perubahan yang digaungkannya.

Sementara, berdasarkan informasi dari Timnas AMIN, cawapres Muhaimin Iskandar memiliki sejumlah kegiatan, setelah sehari sebelumnya mendampingi Anies Baswedan untuk berkampanye di sejumlah wilayah di Jateng.

Pada siang hari, Muhaimin menghadiri acara diskusi dan kalibrasi bersama mahasiswa, di GOR Jatidiri, Semarang. Di tempat itu, ketua umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu menyampaikan bahwa kata ‘slepet’ merupakan simbol untuk memberantas setiap permasalahan yang ada.

 

Lalu, terkait perayaan Natal 2023, Muhaimin juga merilis video ucapan yang menyuarakan pesan perdamaian untuk seluruh masyarakat Indonesia.

 

Prabowo-Gibran

 

Pada Senin (25/12), capres Prabowo yang juga Menteri Pertahanan itu melakukan sejumlah kegiatan internal. Pada siang hari, Prabowo sempat bertemu dengan Kapolri Jenderal Listyo Sigit untuk membahas sejumlah agenda.

 

Kemudian, berdasarkan informasi dari Tim Kampanye Nasional (TKN), mantan Danjen Kopassus itu melakukan kegiatan bersama keluarga besarnya di Hotel AYANA di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat.

 

Sementara itu, cawapres Gibran Rakabuming Raka berada di Solo pada pagi hari bersama keluarga. Lalu, siang harinya Wali Kota Surakarta itu mengunjungi kegiatan Gerakan Wis Mangan di Semarang.

 

Putra sulung Presiden Joko Widodo itu juga sempat merilis video di akun media sosial Instagram (IG) miliknya terkait perayaan Natal.

 

Dalam video ucapan selamat Natal 2023 yang kurang dari satu menit itu, Gibran mengatakan bahwa Kota Surakarta merupakan kota toleran dan menjamin kebebasan, serta keamanan setiap umat untuk merayakan hari besar agama masing-masing.

 

Ganjar-Mahfud

 

Pada hari Natal tahun ini, capres nomor urut tiga Ganjar Pranowo hanya melakukan sejumlah agenda internal dan memilih bernostalgia di rumah masa kecilnya di Jalan Nano, Desa Tawangmangu, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jateng.

 

Di rumah itu, dia sempat bertemu dengan teman masa kecilnya dan menyapa warga sekitar.

 

Mantan Gubernur Jawa Tengah sejak 2013 hingga 2023 itu bernostalgia menceritakan kisah masa kecilnya kepada awak media yang diajak menginap di tempat tersebut.

 

Saat bercengkrama dengan awak media, dia juga menekankan pentingnya peningkatan kesejahteraan bagi anggota TNI/Polri dengan meningkatkan kualitas barak dan asrama, sehingga kehidupan keluarga dari aparat negara bisa lebih nyaman.

 

Politikus Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan itu mencontohkan tentang hidupnya yang dahulu merupakan anak dari polisi harus berpindah-pindah dan terpaksa mengontrak rumah akibat kondisi barak yang luasnya terbatas.

 

Dia mengakui, kondisi dahulu tidak sama dengan sekarang karena saat ini sudah berangsur membaik. Namun, dirinya menekankan tetap perlu ada peningkatan lebih guna mewujudkan kesejahteraan bagi anggota TNI/Polri, khususnya yang berpangkat rendah.

 

Selain itu, di tengah agenda bernostalgia, suami dari Siti Atikoh tersebut juga mengucapkan selamat Natal kepada umat nasrani yang merayakan dan mengingatkan para pemudik untuk hati-hati saat berkendara selama musim liburan akhir tahun.

 

Sementara itu, cawapres Mahfud MD yang dijadwalkan berkunjung ke Provinsi Nusa Tenggara Barat, terpaksa membatalkan rencananya karena direkomendasikan tim dokter dari Tim Pemenangan Nasional (TPN) untuk beristirahat, akibat kelelahan fisik.

 

Semula mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu akan menghadiri kegiatan bersama Wakil Ketua TPN Tuan Guru Bajang Zainul Majdi di sejumlah tempat, seperti Hotel Grand Legi, Kota Mataram, kemudian, mengunjungi posko sukarelawan dan mengisi kuliah umum di Universitas Qamarul Huda Badaruddin, Kabupaten Lombok Tengah.

 

Menutup kegiatan, Mahfud direncanakan menghadiri pertemuan dengan Tim Pemenangan Daerah (TPD) dan sukarelawan Es Kepal Mataram.

 

Meski, tidak bisa berkunjung ke NTB, Mahfud hadir secara virtual dari Jakarta dalam agenda deklarasi sukarelawan Mahfud Guru Bangsa (MGB).

 

Pewarta: Donny Aditra
Editor: Imam Budilaksono
Copyright © BERITA CALEG 2023

[ad_2]

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *