klik X untuk tutup iklan ini
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Politik

Round up: Hari ke-18 kampanye Pilpres 2024

×

Round up: Hari ke-18 kampanye Pilpres 2024

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

[ad_1]


Jakarta (BERITA CALEG) –

Masa kampanye Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024 telah memasuki hari ke-18 pada Jumat (15/12).

Example 300x600

 

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menetapkan masa kampanye dimulai dari 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. Kemudian pemungutan suara dilakukan pada 14 Februari 2024.

 

Sementara itu, ketiga pasangan capres-cawapres, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md tetap memanfaatkan masa kampanye untuk memikat hati para pemilih.

 

Anies-Muhaimin

 

Berdasarkan informasi Kedeputian Media dan Komunikasi Tim Nasional (Timnas) Pemenangan Anies-Muhaimin, Anies dijadwalkan menghadiri acara diskusi santai disabilitas se-Jabodetabek yang diadakan di Islami Center Bekasi, Jawa Barat.

 

Sementara cawapres Muhaimin masih menjalankan ibadah Umrah.

 

Sementara itu di Islami Center Bekasi, Anies berjanji jika memenangi Pilpres 2024 akan melibatkan kelompok difabel dalam menentukan kebijakan pemerintah agar sesuai dengan kebutuhan kelompok rentan tersebut.

 

“Pendekatan yang akan dilakukan adalah kolaborasi, karena kami meyakini bahwa pemerintah bukan pihak yang paling tahu semua urusan,” kata Anies saat diskusi santai bersama penyandang disabilitas di Bekasi, Jawa Barat, Jumat.

 

Anies menilai pendekatan kolaborasi menjadi pegangan penting dalam merumuskan kebijakan ke depan.

 

Saat memimpin sebagai gubernur DKI Jakarta, Anies mengaku pernah menyisir fasilitas disabilitas untuk menyempurnakan kebutuhan para kelompok difabel.

 

Nantinya, lanjut Anies, pemerintah harus membuat buku pegangan untuk pembangunan fasilitas umum yang dapat memberikan kesetaraan bagi para penyandang disabilitas.

 

Selanjutnya, Anies menghadiri acara Refleksi Menyambut Natal dan Tahun Baru di Gedung Nusantara IV, Kompleks DPR/MPR, Senayan, Jakarta.

 

Anies mengaku berkomitmen untuk menghadirkan keadilan dan kesetaraan bagi semua golongan dalam rangka mempererat serta menjaga persatuan.

 

“Kita perlu menjaga persatuan dengan menghadirkan rasa keadilan melalui kesetaraan, di situ kekuatan kedamaian, ini artinya tugas dari negara yang harus memastikan ada kesetaraan bagi semua,” kata Anies.

 

Prabowo-Gibran

 

Prabowo dijadwalkan menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Gerindra pada Jumat, di Jakarta International Expo (JIExpo), Kemayoran, Jakarta. Sementara cawapres Gibran akan berkunjung ke Balikpapan, Kalimantan Timur, pada Jumat sore.

 

Dalam acara Rakornas Gerindra, Prabowo meminta kader fokus turun ke rakyat untuk memperkenalkan program-program yang diusung dalam Pemilu 2024.

 

“Saya minta mereka fokus, mereka turun ke rakyat semuanya, menyampaikan program-program kita. Program-program kita adalah suatu roadmap (peta jalan), cetak biru,” ucap Prabowo ditemui usai rakornas tersebut.

 

Terkait program, Prabowo kembali mengulangi narasi bahwa ia akan melanjutkan pembangunan dengan fondasi pemerintahan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

 

“Kita lanjutkan pembangunan pondasi oleh Pak Jokowi dan kita bawa Indonesia ke tingkat, yang lebih hebat lagi,” ujarnya.

 

Selain itu, Prabowo juga mengatakan konsolidasi tersebut digelar untuk menyiapkan langkah-langkah ke depan, mengingat tahapan kampanye sudah semakin mendekati masa akhir.

 

“Kita konsolidasi menyiapkan langkah-langkah ke depan untuk, ya, ini tahap-tahap terakhir, kan, kampanye kita,” katanya.

Ganjar-Mahfud

 

Ganjar dan Mahfud diagendakan berkampanye di Jawa Barat pada Jumat, berdasarkan informasi dari Media Center Tim Pemenangan Nasional (TPN).

 

Ganjar akan fokus berkampanye di Kabupaten Karawang dan Bekasi.

 

Ganjar, dalam acara “Temu Sayang Ganjar Love Relawan” di Karawang, menekankan pentingnya membekali anak-anak Indonesia dengan latar pendidikan dan keahlian penting supaya mereka dapat berkompetisi.

 

“Harus disiapkan anak untuk sekolah dan punya keterampilan. Tanpa itu, lewat, karena dunianya berkompetisi. Maka, anak-anak kita mesti kita bekali keahlian,” kata Ganjar di Karawang, Jawa Barat, Jumat.

 

Ganjar mengatakan dengan berbekal keterampilan yang mumpuni, maka potensi orang tua atau anak-anak terkena pungutan liar untuk mendapatkan kerja dapat terhindar.

 

“Tadi, saya jalan di kampung. Ada yang bilang, Pak, anak saya dua, tapi enggak bisa kerja, Pak’. Bahasanya, musti nyogok. Ini PR (pekerjaan rumah) yang mesti kami selesaikan,” tegasnya.

 

Karena itu, Ganjar mengatakan jika dia terpilih menjadi presiden pada Pilpres 2024, dirinya akan menghubungkan sekolah dengan industri agar anak didik setelah lulus lebih mudah mendapat pekerjaan.

 

“10 tahun saya jadi gubernur, sedikit ada pengalaman, memang menyiapkannya mesti dari awal. Satu membuat kebijakan, kedua ada sekolahnya, kemudian menggandengkan dengan perusahaan. Bahkan, beberapa perusahaan kami minta untuk langsung bekerja sama dengan sekolah-sekolah. Maka, anak-anak kami siapkan betul pada soal itu,” jelas Ganjar.

 

Dia juga berkomitmen untuk menyelesaikan permasalahan lapangan kerja bagi warga lokal. Hal itu karena lapangan pekerjaan menjadi salah satu fokus dirinya dan cawapres Mahfud MD.

 

“Kami akan selesaikan soal itu. Saya selesaikan nanti sama Pak Mahfud,” ujarnya.

 

Selanjutnya, Ganjar mengunjungi rumah pengasingan Soekarno dan Mohammad Hatta di Rengasdengklok, Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

 

Dia mengaku mendapat pelajaran tentang semangat patriotisme. Semangat itu harus terus bergelora kepada generasi muda, kata Ganjar, di mana anak-anak muda ketika itu ingin segera merdeka tanpa bantuan Jepang.

 

“Saya kira sejarah inilah yang mesti ditiru, selalu ada dalam pikiran dan hati kita, sehingga kita selalu berusaha, lebih mandiri,” ucapnya.

 

Kemudian, Ganjar menyatakan dirinya bakal menerapkan sistem Satu Data Indonesia bagi masyarakat melalui program kerja Kartu Tanda Penduduk atau KTP Sakti apabila terpilih menjadi presiden pada 2024.

 

Menurut Ganjar, dengan KTP Sakti masyarakat dapat mengakses berbagai bantuan pemerintah dengan lebih mudah.

 

“Sehingga jaminan-jaminan selama ini ada dengan berbagai identitas satu-persatu, nanti bisa kita satukan dalam satu KTP dan kita sebut satu KTP Sakti,” kata Ganjar usai silaturahmi dengan caleg dan partai politik pengusung di Perum Graha Puspa Karangpawitan, Karawang, Jawa Barat, Jumat.

 

Sementara itu, Ganjar optimistis target perolehan suara di Jawa Barat saat Pilpres 2024 sebesar 40 persen dapat tercapai.

 

“Saya makin optimis saja karena dari komunitas masyarakat yang saya temui, mereka menyampaikan perasaan batinnya, dan itu kami tangkap, rasa-rasanya kita punya kesamaan cita-cita, itu yang membikin kami optimis,” ujarnya ditemui usai melakukan diskusi bersama Milenial dan Gen Z Bekasi di Bekasi, Jumat malam.

 

Adapun cawapres Mahfud Md berfokus kampanye ke Kabupaten Ciamis, Tasikmalaya dan Garut, Jawa Barat.

 

Kiai dan pengasuh ponpes se-Priangan Timur, yang tergabung dalam Barisan Lauhil Mahfud, bertekad memenangkan pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud Md dalam Pilpres 2024.

 

“Kami, para santri dan ulama yang tergabung dalam Barisan Lauhil Mahfud se-Priangan Timur, bertekad bulat memenangkan pasangan capres dan cawapres Ganjar-Mahfud pada Pilpres 2024,” demikian bunyi naskah deklarasi yang dibacakan perwakilan relawan saat kunjungan Mahfud MD ke Ponpes Al-Quran Cijantung, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Jumat.

 

Mahfud kemudian berkunjung ke Pondok Pesantren Nurul Huda Tasikmalaya, yang merupakan Pondok Pesantren terbesar di Tasikmalaya, setelah menghadiri pertemuan dengan para kiai dan pengasuh Pondok Pesantren se-Priangan Timur.

 

“Saya berkunjung dan merupakan bagian dari persiapan Pilpres. Kita bertukar pikiran bagaimana membangun Indonesia yang berbasis nilai-nilai kepesantrenan. Bagaimana Islam mewarnai kehidupan Indonesia sebagai nagara kebangsaan. Sudah ketemu tadi konsepnya dan akan kita perjuangkan, agar Indonesia lebih maju, kalau bahasa Al-Qur’an-nya itu agar menjadi baldatun thayyibatun wa rabbun ghofur,” kata Mahfud.

 

Selain itu, pada pukul 19.30-21.00 WIB, Mahfud Md diagendakan menghadiri acara sholawatan Bersama santri dan tokoh masyarakat (Pondok pesantren Al-Fauzan, Sukaresmi, Garut, Jawa Barat).

 

KPU RI pada hari Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pilpres 2024.

 

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

 

Pewarta: Rio Feisal
Editor: Imam Budilaksono
Copyright © BERITA CALEG 2023

[ad_2]

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *