Politik

RI dan Azerbaijan terus perkuat kolaborasi pelayanan publik

0
×

RI dan Azerbaijan terus perkuat kolaborasi pelayanan publik

Sebarkan artikel ini

[ad_1]


Jakarta (BERITA CALEG) – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Abdullah Azwar Anas mengatakan Indonesia dan Azerbaijan terus memperkuat kolaborasi di sektor pelayanan publik.

Dalam pertemuannya dengan Perdana Menteri (PM) Azerbaijan Ali Asadov di Baku, Azerbaijan, Selasa (10/10), Anas mengatakan kedua negara tersebut memiliki hubungan erat secara historis di sektor perdagangan maupun pelayanan publik.

“Indonesia dan Azerbaijan sama-sama menaruh perhatian besar dalam pelayanan publik. Di Indonesia, Presiden Jokowi juga terus mendorong inovasi pelayanan publik digiatkan, sehingga kinerja birokrasi benar-benar berdampak; tak lagi berorientasi input atau administrasi saja, tapi juga harus berdasarkan hasil dengan dampak yang bisa langsung dirasakan rakyat, seperti penurunan kemiskinan, pengangguran, dan stunting,” kata Azwar Anas dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Rabu.

Mantan bupati Banyuwangi itu menambahkan bahwa dalam hal peningkatan kualitas pelayanan publik, Indonesia dan Azerbaijan saling berbagi pengalaman dan praktik terbaik. Perwakilan dari pemerintah kedua negara itu juga saling berkunjung untuk melihat langsung pelayanan publik di masing-masing negara.

Baca juga: Anggota Wantimpres sebut tak rela tenaga honorer hidup telantar

Azerbaijan menjadi salah satu negara yang mendapat pengakuan dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) sebagai negara dengan pelayanan publik terbaik dunia. Sistem pusat pelayanan publik di negara kawasan Kaukasus itu disebut ASAN Xidmat.

Sementara itu, di Indonesia, konsep serupa dikembangkan dengan berbagai inovasi pelayanan publik, seperti Mal Pelayanan Publik (MPP) yang hingga kini terdapat di 152 kabupaten dan kota. Inovasi pelayanan publik MPP Digital pun telah dirintis di sejumlah kabupaten dan kota di Indonesia.

“Tadi, Perdana Menteri Azerbaijan Yang Mulia Ali Asadov menyambut kami dengan baik, diiringi harapan agar kedua negara ke depan memiliki relasi yang semakin erat,” kata Anas.

Dalam kesempatan tersebut, Anas menyampaikan berbagai perkembangan kemajuan Indonesia, seperti perekonomian stabil, hilirisasi untuk meningkatkan nilai tambah ekonomi, peluncuran kereta cepat pertama di Asia Tenggara, dan posisi penting Indonesia G20.

Dia pun menyampaikan salam dari Presiden Joko Widodo kepada Presiden Azerbaijan Ilham Aliyev melalui PM Ali Asadov.

Baca juga: MenPANRB dorong seluruh kabupaten/kota miliki MPP di tahun 2024

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: Fransiska Ninditya
COPYRIGHT © BERITA CALEG 2023

[ad_2]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *