klik X untuk tutup iklan ini
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Politik

Relawan Ganjar beri pelatihan buat foto produk untuk UKM

×

Relawan Ganjar beri pelatihan buat foto produk untuk UKM

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

[ad_1]

Mereka bisa terus berlatih setelah kembali ke rumah dan menekuni usaha mereka masing-masing.

Example 300x600

Jakarta (BERITA CALEG) – Relawan KawanJuang GP memberikan pelatihan membuat dan mengunggah foto produk di sosial media bagi para pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) agar produknya menarik dan bisa dijual hanya dengan menggunakan telepon seluler.

Ahli media sosial Shalfi Andri menyampaikan pentingnya mengunggah produk di medsos yang bisa mendongkrak penjualan. Namun, semua materi yang akan disebarluaskan harus terencana dengan baik.

“Saya harapkan semua peserta fokus dan berkonsentrasi pada media sosial yang dipilihnya. Dengan cara seperti inilah dampak positif dari media sosial akan bisa dirasakan,” kata Shalfi Andri dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu.

Shalfi mengatakan bahwa pelatihan itu tidak seperti sebelumnya karena para peserta datang dengan membawa produknya masing-masing sebagai objek fotografi, mulai dari makanan, minuman, pakaian, hingga mobil.

Ia mencontohkan ada peserta yang membawa mobil sebagai objek foto karena memang memiliki usaha sewa mobil.

“Mentor kami, Nathan dan Alfa, tadi membantu peserta untuk bisa membuat foto mobil yang dibawanya menjadi lebih menarik jika ditampilkan di media sosial,” ujarnya.

Sementara itu, fotografer Henry Wijaya memberikan materi mengenai tip mudah memotret dengan menggunakan telepon seluler.

Menurut Henry, kekuatan foto tergantung pada pencahayaan yang bisa diatasi dengan menggunakan peralatan sederhana, seperti sinar matahari, cermin, dan lampu.

Rita, peserta pelatihan, mengatakan bahwa peserta didampingi oleh mentor mempraktikkan secara langsung dengan menggunakan ponsel mereka masing-masing.

“Jadi, mereka bisa terus berlatih setelah kembali ke rumah dan menekuni usaha mereka masing-masing,” kata Rita yang merupakan salah satu pemilik UKM di Bogor.

Rita yang juga koordinator acara tersebut menjelaskan jumlah peserta terpaksa dibatasi meskipun peminat sangat banyak, yaitu lebih dari 50 peserta masuk dalam daftar tunggu, karena sudah melebihi kuota dari panitia.

“Mereka berpesan jika ada peserta yang terdaftar tetapi mengundurkan diri, mereka siap untuk menggantikannya,” kata Rita.

Salah satu peserta bernama Heni menceritakan bahwa peserta didampingi mentor memotret produk UKM dengan menggunakan telepon seluler mereka masing-masing.

Peserta diminta untuk meletakkan produk sesuai dengan teori tentang pemotretan yang baik, lalu mengatur pencahayaan, serta menentukan angle pemotretan.

“Pelatihan ini sangat bermanfaat. Produk kami yang biasa saja, akhirnya tampak seperti produk di rumah makan mewah,” kata Heni.

Baca juga: Kunjungan Brimob ke relawan Ganjar dalam rangka operasi Mantap Brata

Baca juga: Relawan kenalkan Ganjar ke masyarakat kampung adat Kabuyutan

Sebelumnya, relawan KawanJuang GP juga menggelar pelatihan membuat foto produk yang menarik dan menjual untuk seratus pengusaha kecil lainnya di Mal BTM Bogor, Rabu (1/11).

Sementara itu, Calon Presiden (Capres) RI Ganjar Pranowo saat hadir pada pameran Urban Sneaker Society pada hari Jumat (3/11) berjanji akan memberikan ruang dan kemudahan kepada pelaku UMKM untuk berkembang.

Komitmen itu diberikan Ganjar karena tantangan usaha saat ini cukup besar. Dari segi akses permodalan, Ganjar yakin kerja sama dengan perbankan bisa mempermudah UMKM mendapatkan modal.

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: D.Dj. Kliwantoro
COPYRIGHT © BERITA CALEG 2023

[ad_2]

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *