Politik

Puan bawa isu perlindungan WNI saat bertemu Ketua DPR Malaysia

6
×

Puan bawa isu perlindungan WNI saat bertemu Ketua DPR Malaysia

Sebarkan artikel ini

[ad_1]

Saya berharap ke depannya hubungan Indonesia dan Malaysia akan terus menguat

Jakarta (BERITA CALEG) – Ketua DPR RI Puan Maharani membawa isu perlindungan warga negara dan pekerja migran Indonesia saat mengadakan pertemuan bilateral dengan Ketua Dewan Rakyat Malaysia Dato Johari Bin Abdul di Kuala Lumpur, Malaysia, Senin.

“Perlindungan terhadap seluruh WNI di Malaysia, termasuk para pekerja dan pelajar, juga merupakan isu yang menjadi perhatian saya,” kata Puan dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin malam.

Mengutip data Direktorat Jenderal Imigrasi Kemenkumham, sekitar dua juta orang pekerja migran Indonesia prosedural dan nonprosedural berada di Malaysia. Tidak sedikit pula pekerja Indonesia yang mengalami eksploitasi, mendapatkan kekerasan fisik hingga kekerasan seksual saat bekerja di Negeri Jiran tersebut.

Puan berharap pimpinan parlemen Malaysia memberi perhatian lebih terhadap pekerja migran Indonesia mengingat banyaknya kasus yang selama ini merugikan mereka.

“Saya berharap di bawah kepemimpinan Yang Mulia sebagai Ketua Dewan Rakyat maka Malaysia dapat memberikan perhatian dan perlindungan penuh bagi para WNI dan pekerja migran di Malaysia,” katanya.

Baca juga: Puan: Pancasila menjadi bintang penuntun pemersatu rakyat

Dalam pertemuan itu, Puan juga menyinggung pentingnya penguatan hubungan antarmasyarakat Indonesia dengan Malaysia yang dapat dilakukan dengan berbagai program, salah satunya dengan program pendidikan bagi kedua negara.

“Saya juga mendorong jumlah community learning centers di Malaysia dalam rangka memfasilitasi akses pendidikan bagi anak-anak pekerja migran Indonesia di Malaysia,” harapnya.

Puan pun mendorong kerja sama antarparlemen kedua negara sehingga dapat berperan dalam memajukan hubungan Indonesia dengan Malaysia. Misalnya, dapat ditunjukkan dalam forum-forum internasional maupun regional untuk saling mendukung.

Kedekatan hubungan kuat antara kedua parlemen ditunjukkan dengan seringnya pertukaran dialog dalam berbagai forum parlemen, seperti Parliamentary Union of the OIC Member States (PUIC) dan juga ASEAN Inter-Parliamentary Assembly (AIPA).

“Saya berharap ke depannya hubungan Indonesia dan Malaysia akan terus menguat dengan dilandasi semangat saling menghormati,” katanya menegaskan.

Baca juga: Ketua DPR minta pemerintah lakukan penanganan khusus kasus perundungan

Baca juga: Ketua DPR harap aturan “social commerce” ciptakan keseimbangan pasar

Baca juga: Puan Maharani tegaskan komitmen DPR untuk segera mengesahkan RUU Desa

Pewarta: Fauzi
Editor: Didik Kusbiantoro
COPYRIGHT © BERITA CALEG 2023

[ad_2]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *