klik X untuk tutup iklan ini
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Politik

Prabowo temui PM Jepang bahas kolaborasi industri dan pertahanan

×

Prabowo temui PM Jepang bahas kolaborasi industri dan pertahanan

Sebarkan artikel ini
Example 468x60




Jakarta (BERITA CALEG) – Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto saat bertemu dengan Perdana Menteri (PM) Jepang Fumio Kishida di Kantor Perdana Menteri Jepang, Tokyo, Jepang, Rabu, membahas peluang kolaborasi Indonesia-Jepang di berbagai sektor termasuk industri dan pertahanan.

Prabowo ke PM Kishida menyampaikan Indonesia dan Jepang perlu memperkuat kerja sama ke depannya mengingat dua negara berhasil memelihara hubungan baik dan meneruskan kemitraan di berbagai bidang.

Example 300x600

“Kedua negara telah membangun hubungan kerja sama yang baik sejauh ini, dan meminta Pemerintah Jepang untuk bekerja sama guna mencapai hubungan yang lebih kuat di masa depan dan meningkatkan kolaborasi di bidang pertahanan,” kata Menhan Prabowo ke PM Kishida.

Jepang menjadi tujuan kedua dalam lawatan luar negeri Prabowo sejak dia ditetapkan oleh KPU RI sebagai calon presiden terpilih pada 20 Maret 2024. Prabowo dan rombongan tiba di Bandara Internasional Haneda, Tokyo, Jepang, pada Rabu pagi dan langsung bertemu PM Kishida.

Di Tokyo, Prabowo juga dijadwalkan bertemu dengan Menteri Pertahanan Jepang Kihara Minoru dan Ketua Asosiasi Jepang-Indonesia (JAPINDA) Yasuo Fukuda.

Baca juga: PM Kishida: Prabowo tunjukkan komitmen perkuat hubungan RI-Jepang

Baca juga: Prabowo dijadwalkan bertemu PM hingga Menhan Jepang hari ini

Dalam pertemuan dengan Prabowo di Tokyo, Rabu, PM Kishida mengaku gembira atas kedatangan calon presiden terpilih RI itu ke negaranya.

“Jepang dan Indonesia telah berteman dekat sejak lama. Saya ingin (dua negara, red.) lebih meningkatkan kerja sama sebagai mitra yang punya prinsip dan nilai-nilai yang sama,” kata Kishida ke Prabowo.

PM Kishida, dalam pertemuannya dengan Prabowo, juga menyampaikan niat Jepang yang ingin memperdalam kerja sama dengan Indonesia terutama dalam rangka memastikan Indo-Pasifik tetap menjadi kawasan yang bebas dan terbuka.

Dalam pertemuan di Kantor Perdana Menteri Jepang, Prabowo didampingi oleh Duta Besar RI untuk Jepang Heri Akhmadi, Wakil Ketua Komisi I DPR RI Sugiono, Kepala Badan Intelijen Strategis (BAIS) TNI Letjen TNI Yudi Abrimantyo, Kepala Badan Sarana Pertahanan (Kabaranahan) Kemhan Marsekal Muda TNI Yusuf Jauhari, dan Atase Pertahanan KBRI Tokyo Laksamana Pertama TNI Azwan Yusuf.

Sementara itu, PM Kishida didampingi oleh Deputy Chief Cabinet Secretary Hiroshi Moria, Sekretaris Jenderal NSS Takeo Akiba, Wakil Menteri Luar Negeri Jepang Takehiro Funakoshi, Direktur Jenderal Asia Tenggara dan Asia Barat Daya Kementerian Luar Negeri Jepang Ryo Nakamura, Wakil Menteri Pertahanan untuk Hubungan Internasional Kiyoshi Serizawa, dan Duta Besar Jepang untuk Indonesia Masaki Yasushi.

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © BERITA CALEG 2024

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *