Politik

Polri: 60.028 kendaraan memasuki Jakarta pada H+1 lebaran

×

Polri: 60.028 kendaraan memasuki Jakarta pada H+1 lebaran

Sebarkan artikel ini

[ad_1]


“Volume arus lalu lintas yang masuk Jakarta melalui lima GT (gerbang tol) tersebut sebanyak 60.028 kendaraan, sedangkan volume arus lalu lintas yang Keluar sebanyak 67.092 kendaraan,”Jakarta (BERITA CALEG) – Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri Brigjen Pol. Trunoyudo Wisnu Andiko mengungkapkan bahwa sebanyak 60.028 kendaraan memasuki Jakarta pada H+1 lebaran atau Jumat (12/4).

“Volume arus lalu lintas yang masuk Jakarta melalui lima GT (gerbang tol) tersebut sebanyak 60.028 kendaraan, sedangkan volume arus lalu lintas yang Keluar sebanyak 67.092 kendaraan,” kata Trunoyudo dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Trunoyudo menjelaskan lima gerbang tol di antaranya adalah GT Cikupa Utama sebanyak 17.102 kendaraan, 15.036 kendaraan melalui GT Merak, 7.803 GT Cikampek Utama, 9.707 kendaraan lewat GT Kalihurip Utama, dan 10.380 kendaraan dari GT Ciawi Utama.

Adapun sebanyak 19.469 kendaraan keluar Jakarta lewat GT Cikupa Utama, 16.133 kendaraan melalui GT Merak, 7.742 kendaraan lewat GT Cikampek Utama, 10.744 kendaraan melintasi GT Kalihurip Utama, dan 13.004 kendaraan melewati GT Ciawi Utama.

Sementara itu, ia mengatakan bahwa kapal yang beroperasi dari Pelabuhan Bakauheni menuju Merak pada H+1 lebaran sebanyak 34 kapal dengan 78 perjalanan dengan jumlah penumpang sebanyak 78.585 orang dan total kendaraan berjumlah 9.523 unit.

“Diimbau kepada seluruh masyarakat untuk kerja samanya, tertib, antre, dan bersabar. ASDP dan Polri serta stakeholder terkait akan terus memberikan pelayanan pada para pemudik, sehingga nyaman, aman, serta mudik ceria penuh makna pada tahun ini,” ujarnya.

Untuk hari ini atau H+2 lebaran, ia mengatakan bahwa Tol Bocimi telah dapat digunakan, dan sistem satu arah dari KM 414 Tol Kalikangkung hingga KM 72 Tol Cipali telah diberlakukan pada Sabtu ini pukul 15.00 WIB.

Ia juga mengimbau kepada masyarakat agar dapat berkendara dengan aman, terutama pada jalur-jalur rekayasa lalu lintas selama masa arus balik.

“Memastikan kesehatan fisik dalam kondisi baik dan utamakan keselamatan pengemudi maupun penumpang, mengecek dengan benar kondisi kendaraan anda pasca-mudik sebelum kembali ke rumah masing-masing, serta tertib dan mematuhi rambu jalan serta peraturan yang ada,” imbaunya.

Selain itu, ia mengimbau masyarakat untuk memastikan informasi terkait arus balik dari Korlantas Polri maupun petugas di lapangan.

“Apabila kelelahan, diharapkan tidak memaksakan diri serta maksimal mengemudi selama empat jam. Kemudian, dapat istirahat di rest area jalur tol atau keluar pada jalur arteri yang telah disediakan,” ujarnya.

Ia pun memastikan bahwa Polri siap melayani dan mengamankan seluruh pemudik selama arus balik.

Pewarta: Rio Feisal
Editor: Agus Setiawan
Copyright © BERITA CALEG 2024

[ad_2]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *