Politik

Politik sepekan, KPU gelar Pilkada hingga klaim PDIP soal hak angket

×

Politik sepekan, KPU gelar Pilkada hingga klaim PDIP soal hak angket

Sebarkan artikel ini

[ad_1]


Jakarta (BERITA CALEG) – Kantor Berita BERITA CALEG telah mewartakan berbagai peristiwa politik dalam sepekan terakhir, mulai dari KPU gelar Pilkada serentak hingga PDI Perjuangan klaim progres hak angket sudah sempurna.

 

Berikut rangkuman berita politik sepekan untuk kembali Anda simak.

 

1. KPU gelar Pilkada Serentak 2024 di 37 provinsi dan 508 kabupaten/kota

 

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI akan menggelar pemilihan kepala daerah (Pilkada) Serentak 2024 di 37 Provinsi di Indonesia.

 

Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari menjelaskan bahwa Pilkada Serentak 2024 hanya diikuti 37 dari 38 provinsi, karena Daerah Istimewa Yogyakarta(DIY) tidak melakukan pilkada langsung.

Selengkapnya baca di sini.

2. KPU bentuk badan ad hoc pilkada pada 17 April 2024

 

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI akan mulai membentuk badan ad hoc pilkada pada Rabu, 17 April 2024, menyusul peluncuran tahapan penyelenggaraan Pilkada Serentak 2024 di Candi Prambanan, Kabupaten Sleman, D. I. Yogyakarta, Minggu (31/3) malam.

 

“Ini sebagai simbol bahwa Pilkada Serentak 2024 sudah dimulai. Secara teknis kegiatan itu akan dimulai nanti tanggal 17 April 2024, yaitu pembentukan badan-badan ad hoc untuk pilkada,” kata Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari.

Selengkapnya baca di sini.

3. Jokowi bantah disebut ingin rebut posisi Ketum PDI Perjuangan

 

Presiden RI Joko Widodo membantah kabar yang menyebut dirinya ingin merebut posisi Megawati Soekarnoputri sebagai Ketua Umum PDI Perjuangan.

 

“Katanya mau ngerebut Golkar, katanya mau ngerebut … masa semua mau direbut semuanya? Jangan … jangan seperti itu,” kata Presiden (3/4).

Selengkapnya baca di sini.

4. Prabowo ke Presiden Xi tegaskan China mitra kunci RI jaga stabilitas

 

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto kepada Presiden China Xi Jinping menyampaikan bahwa China merupakan mitra kunci RI untuk menjaga stabilitas dan memelihara perdamaian di kawasan.

 

“Terkait kerja sama pertahanan, saya memandang China adalah salah satu mitra kunci dalam memastikan perdamaian dan stabilitas kawasan. Saya juga berkomitmen memenuhi kebutuhan alutsista Indonesia, termasuk peningkatan kerja sama industri pertahanan dan dialog produktif, serta kerja sama antarmatra,” kata Prabowo ke Presiden Xi saat keduanya bertemu di Great Hall of the People, Beijing, China, Senin (2/4).

 

Selengkapnya baca di sini.

5. PDIP klaim progres hak angket sudah sempurna

 

Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto mengklaim bahwa progres pengajuan hak angket sudah sempurna, sehingga tinggal menunggu momentum.

 

“Ya progres kami sempurna,” ujar Hasto saat ditemui awak media di kawasan Cikini, Jakarta, Selasa (2/4).

 

Pewarta: Nadia Putri Rahmani
Editor: Guido Merung
Copyright © BERITA CALEG 2024

[ad_2]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *