klik X untuk tutup iklan ini
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Politik

Polda Jambi gandeng parpol, ormas dan mahasiswa deklarasi pemilu damai

×

Polda Jambi gandeng parpol, ormas dan mahasiswa deklarasi pemilu damai

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

[ad_1]

“Deklarasi ini bertujuan memperkokoh rasa persatuan dan kesatuan bangsa, kami yakin jika rasa persatuan bangsa kokoh maka kontestasi politik 2024 dapat berjalan dengan aman, damai dan bermartabat,”

Example 300x600

Jambi (BERITA CALEG) – Kepolisian Daerah (Polda) Jambi melaksanakan apel kebangsaan sekaligus deklarasi bersama pemilu damai 2024 bersama partai politik, ormas, relawan dan mahasiswa setempat sebagai komitmen mewujudkan Pemilu 2024 yang aman, damai, sejuk dan bermartabat.

“Deklarasi ini bertujuan memperkokoh rasa persatuan dan kesatuan bangsa, kami yakin jika rasa persatuan bangsa kokoh maka kontestasi politik 2024 dapat berjalan dengan aman, damai dan bermartabat,” kata Kepala Kepolisian Daerah Jambi Inspektur Jendral Polisi Rusdi Hartono di Jambi, Sabtu.

Rusdi menegaskan kepada seluruh partisipasi deklarasi agar menetapi janji deklarasi dan mengimplementasikannya di lapangan selama kontestasi politik berlangsung.

“Kondisi persatuan bangsa selalu menghadapi tantangan salah satunya yang nyata adalah potensi perpecahan di saat kita dalam suasana kontestasi pemilu 2024,” katanya.

Fakta dari pemilu sebelumnya, kata dia, menunjukkan bahwa fenomena berita bohong, politik adu domba, politik identitas masih menjadi tantangan dan mewarnai setiap kontestasi politik hingga saat ini.

Untuk itu, apel kebangsaan dan deklarasi bersama Pemilu 2024 memunculkan rasa optimisme untuk semua masyarakat dan menjadi perekat persatuan bangsa.

Terkait pemetaan kerawanan pemilu di Jambi, Kapolda menegaskan jika saat ini situasi di Jambi relatif aman, meski begitu Polri dan TNI terus mengoptimalkan pengamanan seluruh wilayah.

Danrem 042 Garuda Putih Brigjen TNI Supriyono dalam kesempatan itu menegaskan apel kebangsaan dan deklarasi damai ini dimaknai untuk mewujudkan kebersamaan dan sinergi seluruh pihak untuk menciptakan Pemilu damai.

TNI dan Polri berkomitmen untuk menjunjung netralitas selama kontestasi politik berlangsung. Netralitas itu diwujudkan dengan tetap menjaga kedekatan antara seluruh pihak serta kerja sama meraih pemilu damai dan aman.

Kegiatan dilanjutkan dengan Deklarasi Pemilu Damai 2023-2024 dengan diikuti seluruh peserta apel yang berisi siap menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945, menjaga situasi aman, damai, sejuk dan bermartabat selama proses tahapan Pemilu 2024.

Membantu panitia penyelenggara pemilu, Pemerintah, TNI dan Polri dalam mensukseskan tahapan Pemilu 2024 serta tidak melakukan tindakan yang melanggar hukum serta patuh terhadap ketentuan peraturan perundang-undangan, aturan KPU, Perda selama rangkaian tahapan Pemilu serentak tahun 2024.

Mencegah segala bentuk tindakan kejahatan, tindakan anarkis, tidak melakukan ujaran kebencian dan hoaks atas dasar SARA, Intoleransi, radikalisme agama serta segala bentuk perbuatan yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan di Provinsi Jambi.

Mengutamakan kepentingan masyarakat, bangsa dan negara di atas kepentingan kelompok dan golongan demi terciptanya situasi kamtibmas yang kondusif selama Pemilu 2024.

Pewarta: Tuyani
Editor: Agus Setiawan
COPYRIGHT © BERITA CALEG 2023

[ad_2]

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *