Politik

PDIP jelaskan Ganjar-Mahfud tak gunakan mobil Bung Karno ke KPU

×

PDIP jelaskan Ganjar-Mahfud tak gunakan mobil Bung Karno ke KPU

Sebarkan artikel ini

[ad_1]

Mobil dinas terakhir Bung Karno masih terawat dengan baik, tampak dari cat mobil yang masih mengilap dan kaca mobil tanpa goresan.

Jakarta (BERITA CALEG) – Ketua DPP PDI Perjuangan Said Abdullah menjelaskan Ganjar Pranowo dan Mahfud tidak menaiki mobil presiden pertama RI Soekarno untuk pendaftaran bakal pasangan calon presiden/wakil presiden ke KPU RI karena simbol pembuka jalan kemerdekaan.

“Mobil Bung Karno tidak dinaiki oleh Mas Ganjar dan Pak Mahfud karena itu simbolisasi pembuka jalan kemerdekaan,” kata Said dalam keterangannya di Jakarta, Kamis.

Said menjelaskan bahwa mobil Bung Karno sebagai mobil pembuka jalan mengingatkan rakyat makna sejarah bahwa Bung Karno yang membuka gerbang kemerdekaan bangsa Indonesia.

Melalui kendaraan yang ditumpangi Soekarno, sambung dia, Indonesia menapaki jalan baru yang lepas dari penjajahan. Hal ini ditebus dengan pengorbanan mahal dari seluruh pejuang kemerdekaan.

“Kami mau mengingatkan bahwa tanpa pembukaan gerbang kemerdekaan, tentu bangsa Indonesia tidak akan mencapai pada posisi seperti saat ini,” jelasnya.

Menurut dia, kisah itulah yang diletakkan sebagai titik tolak perjuangan Ganjar-Mahfud melanjutkan cita-cita kemerdekaan sebab kemerdekaan Indonesia tak mudah didapatkan.

Namun, kata Said, tak ada yang tak bisa dilalui kalau semua masyarakat bisa bersatu.

Ia menilai pasangan Ganjar-Mahfud adalah wujud persatuan nasional sebagaimana persatuan dwitunggal Bung Karno dan Bung Hatta.

Tidak hanya itu, Ganjar-Mahfud juga dianggap dapat meneruskan agenda dan perjuangan pembangunan yang diletakkan oleh Bung Karno melalui konsep Trisakti, berdaulat dalam bidang politik, serta berdikari secara ekonomi dan berkepribadian dalam budaya.

“Azimat ini sangatlah relevan kita jalankan, terlebih tantangan geopolitik justru mengisyaratkan kita tidak boleh lepas dari garis perjuangan Trisakti Bung Karno,” ujarnya.

Pasangan Ganjar-Mahfud resmi mendaftarkan diri ke KPU RI pada hari pertama pendaftaran bakal pasangan calon presiden/wakil presiden, Kamis.

Eks mobil dinas RI-1 berjenis Cadillac Fleetwood 75 Limousine berwarna hitam itu terparkir di Tugu Proklamasi, yang menjadi lokasi awal iring-iringan prosesi Ganjar-Mahfud ke Kantor KPU RI di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Jakarta.

Mobil dinas terakhir Bung Karno tersebut masih terawat dengan baik, tampak dari cat mobil yang masih mengilap dan kaca mobil tanpa goresan.

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: D.Dj. Kliwantoro
COPYRIGHT © BERITA CALEG 2023

[ad_2]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *