Politik

Pati serentak ziarah ke makam pahlawan sehari jelang HUT ke-78 TNI

0
×

Pati serentak ziarah ke makam pahlawan sehari jelang HUT ke-78 TNI

Sebarkan artikel ini

[ad_1]


Jakarta (BERITA CALEG) – Para perwira tinggi (pati) TNI melanjutkan tradisi berziarah secara serentak ke makam pahlawan di daerah, Rabu, atau sehari menjelang peringatan HUT ke-78 TNI yang diperingati setiap tanggal 5 Oktober.

Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, yang memimpin kegiatan itu, berziarah ke makam Panglima Besar Jenderal Soedirman di Yogyakarta; sementara ziarah di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta, dipimpin oleh Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Letjen TNI Bambang Ismawan.

“Ziarah ini dilaksanakan di seluruh Indonesia. Di daerah-daerah, dipimpin oleh yang tertua di masing-masing daerah. Di situ, mungkin ada pangdam (panglima daerah militer), pangarmada (panglima armada), atau komandan lanud (pangkalan udara). Khusus di Jawa Timur, itu di makamnya Presiden pertama RI Soekarno, dipimpin oleh dankodiklatal (komandan komando pembinaan doktrin, pendidikan, dan latihan TNI AL). Kemudian, di makam Gus Dur dipimpin oleh pangdam. Begitu juga di provinsi-provinsi lain, itu dilaksanakan ziarah yang sama,” kata Bambang Ismawan.

Baca juga: Parade alutsista HUT Ke-78 TNI bergerak dari Monas sampai Bundaran HI

Bambang menjelaskan ziarah tersebut bertujuan untuk menghormati jasa-jasa para pahlawan.

“Kami melaksanakan ziarah ini dalam rangka menghormati, mengingat kembali jasa-jasa para pahlawan kita yang telah mengorbankan harta terbaiknya, yaitu jiwa dan raganya untuk kepentingan bangsa dan negara,” tambahnya.

Bambang pun berharap ziarah ke makam pahlawan itu menjadi ajang untuk mengenang jasa para pahlawan sekaligus menjadi inspirasi bagi generasi penerus bangsa.

“Harapannya adalah kita sebagai generasi penerus dapat menginspirasi apa yang sudah diberikan oleh para pahlawan kita,” kata Bambang.

Baca juga: TNI siapkan parade alutsista dan pasukan untuk HUT Ke-78 di Monas

Di TMP Kalibata, Bambang bersama perwira tinggi TNI lain berziarah ke beberapa makam pahlawan dan mantan presiden RI.

Selain Bambang, ziarah di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, Rabu, diikuti oleh Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Darat Letjen TNI Agus Subiyanto, Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekal Madya TNI A. Gustaf Brugman, dan Panglima Komando Gabungan Wilayah I Laksamana Madya TNI Erwin S. Aldedharma.

Kegiatan di TMP Kalibata diawali dengan upacara di area pelataran dan dilanjutkan ziarah tabur bunga ke makam para pahlawan.

Baca juga: TNI siapkan 55.000 paket sembako untuk dibagikan saat HUT 5 Oktober

Sejumlah makam yang disambangi oleh para perwira tinggi TNI itu, di antaranya Jenderal TNI (Anumerta) Ahmad Yani, Letjen TNI (Anumerta) R. Soeprapto, Presiden Ke-3 RI Bacharuddin Jusuf Habibie, Letjen TNI (Anumerta) S. Parman, Letjen TNI (Anumerta) Mas Tirtodarmo Haryono, dan Jenderal TNI (Purn.) Pramono Edhie Wibowo.

Ziarah ke makam pahlawan merupakan tradisi yang dilakukan setiap tahun oleh para perwira tinggi TNI sehari menjelang peringatan HUT TNI. Untuk peringatan HUT ke-78 TNI, Kamis (5/10), parade dan defile akan digelar di Monumen Nasional, Jakarta.

Baca juga: HUT Ke-78 TNI: Momentum merealisasikan strategi pertahanan Nusantara

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Fransiska Ninditya
COPYRIGHT © BERITA CALEG 2023

[ad_2]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *