klik X untuk tutup iklan ini
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Politik

Panglima TNI: Indonesia berupaya bantuan kemanusiaan sampai di Gaza

×

Panglima TNI: Indonesia berupaya bantuan kemanusiaan sampai di Gaza

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

[ad_1]


Madiun (BERITA CALEG) – Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono menyatakan perwakilan Indonesia di Mesir terus berupaya agar bantuan kemanusiaan dari pemerintah dan masyarakat di Tanah Air untuk korban konflik di jalur Gaza tersalurkan dan dimanfaatkan oleh warga Palestina.

“Perwakilan Indonesia yang bertugas di sana terus berupaya dan tetap melakukan negosiasi agar bantuan kemanusiaan yang dikirim dari Tanah Air untuk masyarakat Palestina tersalurkan,” ujar Yudo Margono usai meresmikan monumen alutsista Pesawat HAWK 200 di kawasan Gerbang Tol Dumpil, Kecamatan Madiun, Kabupaten Madiun, Jawa Timur, Sabtu.

Example 300x600

Selain terus berupaya, perwakilan Indonesia juga mengikuti prosedur yang berlaku di kawasan tersebut.

Baca juga: TNI AD salurkan bantuan kemanusiaan untuk Gaza via Baznas

Yudo mengatakan tidak hanya bantuan kemanusiaan dari Indonesia yang masih tertahan di Mesir, namun juga bantuan dari negara-negara lain.

“Kita tidak dapat mengintervensi. Banyak negara lain yang juga tertahan bersama kita bantuannya untuk rakyat Palestina di jalur Gaza,” katanya.

Pada sisi lain, TNI dan juga masyarakat di seluruh Tanah Air terus menggalang bantuan kemanusiaan untuk dapat dikirim ke Palestina pada tahap selanjutnya.

Baca juga: MER-C: Bantuan kemanusiaan sudah disalurkan ke RS Indonesia

Sebelumnya, pada Sabtu (4/11), di Bandara Halim Perdanakusuma, Presiden Joko Widodo melepas pengiriman bantuan kemanusiaan dari pemerintah dan masyarakat Indonesia untuk Gaza dan telah tiba di Bandara El Arish, Mesir, pada Senin (6/11) sekitar pukul 08.00 waktu setempat.

Bantuan berupa bahan makanan, alat medis, selimut, tenda, dan barang logistik lainnya seberat total 51,5 ton itu merupakan tahap pertama bantuan yang dikirim pemerintah Indonesia ke Gaza.

Bantuan itu diangkut menggunakan tiga pesawat, meliputi dua pesawat C-130 Hercules bernomor ekor A-1327 dan A-1328 berasal dari Skadron Udara 31 dan Skadron Udara 32 TNI AU, serta satu pesawat sewa Boing 737 Garuda Indonesia.

Setelah dari Mesir, bantuan tersebut akan dibawa masuk ke Gaza melalui perbatasan Rafah, kemudian disalurkan kepada para korban oleh badan PBB untuk pengungsi Palestina (UNRWA) dan Komite Internasional Palang Merah (ICRC), dua lembaga kemanusiaan internasional yang beroperasi di pusat konflik Israel dan kelompok Hamas Palestina.

Namun, hingga kini bantuan kemanusiaan itu masih tertahan di Mesir.

Baca juga: Bantuan kemanusiaan Indonesia untuk Gaza telah tiba di Mesir

Baca juga: Bantuan kemanusiaan Baznas RI untuk Palestina tiba di Mesir

Baca juga: Presiden melepas bantuan kemanusiaan untuk warga Palestina di Gaza

Pewarta: Louis Rika Stevani
Editor: Didik Kusbiantoro
COPYRIGHT © BERITA CALEG 2023

[ad_2]

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *