klik X untuk tutup iklan ini
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Politik

Pakar: Serangan Hamas ke Israel bentuk pembelaan

×

Pakar: Serangan Hamas ke Israel bentuk pembelaan

Sebarkan artikel ini
Example 468x60




Mataram (BERITA CALEG) – Pakar hukum internasional Universitas Mataram (Unram), Nusa Tenggara Barat, Prof Muhammad Sood menyebut serangan pasukan Hamas ke Israel sebagai bentuk pembelaan.

“Kalau kita lihat serangan ini bukanlah bentuk perlawanan, melainkan bentuk pembelaan Hamas setelah sekian lama bertahan dari serangan Israel,” katanya di Mataram, Senin.

Example 300x600

Prof Sood mengatakan organisasi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) seharusnya berperan penting dalam menyelesaikan konflik yang berlatar historis dan politis itu, termasuk negara-negara Timur Tengah yang berbatasan langsung dengan kedua negara konflik tersebut.

“Masalahnya dalam PBB ada Amerika Serikat, Inggris dan Prancis yang notabene mendukung negara Israel. Negara-negara Islam di Timur Tengah harusnya juga bisa melakukan hal yang sama,” katanya.

Saat ditanya terkait dampak konflik yang terjadi terhadap Indonesia, Prof Sood menyebut belum dapat memastikan, hanya saja dari aspek politik pastinya akan terganggu.

Secara historis, dia menerangkan posisi Indonesia tentunya akan lebih dominan berpihak kepada Hamas Palestina, sehingga dukungan dalam bentuk diplomasi dan ekonomi harusnya dapat dilakukan Indonesia.

“Namun, kalaupun kita ingin bantu dari segi ekonomi cukup susah karena masuk wilayah Palestina perlu izin terlebih dahulu dari Israel,” katanya.

Baca juga: Jusuf Kalla: Serangan Hamas ke Israel untuk kebebasan dan kemerdekaan

Baca juga: Indonesia prihatin atas peningkatan eskalasi konflik Palestina-Israel

Pewarta: Riza Fahriza*Magang Unram
Editor: Laode Masrafi
COPYRIGHT © BERITA CALEG 2023

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *