klik X untuk tutup iklan ini
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Politik

Pakar: Penyelenggara negara harus buktikan bisa netral di Pemilu 2024

×

Pakar: Penyelenggara negara harus buktikan bisa netral di Pemilu 2024

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

[ad_1]


Jakarta (BERITA CALEG) –

Pakar komunikasi politik Universitas Paramadina Hendri Satrio mengatakan penyelenggara negara harus membuktikan bahwa mereka bisa netral saat pemimpin atau anggota keluarganya turut dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Example 300x600

 

“Harusnya bisa. Pada siapa kita bersandar? KPU, Bawaslu, DKPP, peserta pemilu, parpol, dan tentu saja calon-calon pemimpin kita, calon presiden/wakil presiden yang sudah dapat nomor urut,” kata Hendri Satrio dalam Hensat Bicara di Kantor Lembaga Survei KedaiKopi, Jakarta, Kamis.

 

Hendri optimistis Pemilu 2024 bisa berjalan bebas, jujur, dan adil sampai akhir sehingga kepercayaan masyarakat pada negara tetap kuat.

 

Ia meyakini masyarakat akan langsung bereaksi negatif terhadap kecurangan yang terjadi dalam Pemilu 2024.

 

“Kita berdoa memang selain pemilu jujur dan adil, masyarakat juga dapat menggunakan akal sehat,” katanya.

 

Pakar komunikasi politik ini berharap agar calon presiden/wakil presiden tidak menjadikan pembagian sembako sebagai alat politik untuk mengubah keputusan masyarakat.


Menurut dia, dari survei yang dilakukan oleh Lembaga Survei KedaiKopi, hanya 40 persen responden yang mengatakan akan menerima sembako dari peserta pemilu, lantas memilih pasangan calon yang memberikan sembako itu.

 

“Sebanyak 30 persen tidak mau menerima sembako dan 30 persen menerima tetapi tidak memilih pemberi,” katanya.

 

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada hari Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

 

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

Pewarta: Sanya Dinda Susanti
Editor: D.Dj. Kliwantoro
COPYRIGHT © BERITA CALEG 2023

[ad_2]

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *