Politik

Muzani sebut deklarasi cawapres Prabowo setelah ketum KIM lengkap

×

Muzani sebut deklarasi cawapres Prabowo setelah ketum KIM lengkap

Sebarkan artikel ini

[ad_1]

… ditunda semata-mata karena masih adanya ketua umum yang menyertai kunjungan Presiden Jokowi.

Jakarta (BERITA CALEG) – Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani menyebut deklarasi calon wakil presiden (cawapres) pendamping Prabowo Subianto setelah ketua umum (ketum) partai politik Koalisi Indonesia Maju (KIM) lengkap berada di Jakarta.

“Sekarang posisinya para ketum partai KIM masih ada yang di luar negeri mengikuti perjalanan Pak Jokowi. Insyaallah, setelah para ketum sudah berada di Jakarta seluruhnya, kami akan segera menyelenggarakan rapat KIM untuk membicarakan perihal pasangan Prabowo Subianto,” kata Ahmad Muzani saat menghadiri syukuran ulang tahun ke-72 Prabowo di Rumah Kertanegara, Jakarta, Selasa.

Menurut Muzani, menunggu kelengkapan ketum parpol KIM adalah penting. Meski sejumlah hal telah disepakati, menurut dia, keputusan satu nama final cawapres Prabowo harus mendapat persetujuan dari seluruh ketum partai koalisi.

“Itu sebabnya beberapa hal yang rencananya akan kita lakukan pada hari-hari kemarin ditunda karena masih ada ketum koalisi kami yang masih menyertai perjalanan Pak Jokowi ke Tiongkok dan ke Arab Saudi,” ujarnya.

Diketahui bahwa Menteri Perdagangan sekaligus ketum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan tengah melakukan perjalanan dinas luar negeri bersama Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Ia juga menepis isu bahwa penundaan deklarasi cawapres Prabowo karena sosok cawapres yang dipinang masih gundah memberi kepastian

“Enggak. Ini ditunda semata-mata karena masih adanya ketua umum yang menyertai kunjungan Presiden Jokowi,” tegas Muzani.

Muzani mengaku juga telah menyampaikan arahan itu kepada para sekretaris jenderal partai politik yang tergabung dalam KIM.

“Hal yang sama tadi sudah kami sampaikan juga di rapat sekretaris jenderal dengan partai koalisi yang tadi sudah kami selenggarakan, tetap untuk memutuskan cawapres pasangan Prabowo Subianto itu adalah ranah dan kewenangan para ketum dari masing-masing partai, tentu saja bersama calon presiden,” sambung dia.

Sembari menunggu kelengkapan ketum partai politik KIM, Muzani mengatakan bahwa pihaknya akan mempersiapkan teknis pendaftaran hingga Tim Pemenangan Nasional (TPN) Prabowo.

“Jadi, pada saat pendaftaran nanti ada lima hal paling penting. Pertama, ada capres. Kedua, ada cawapres. Ketiga, ada partai koalisi. Keempat, ada visi dan misi. Kelima, ada tim pemenangan,” katanya.

Muzani tidak menampik ada opsi deklarasi cawapres Prabowo dan pendaftaran ke KPU RI akan dilakukan pada hari yang sama.

Kendati demikian, dia mengaku belum tahu urutan pasti terkait dengan deklarasi dan pendaftaran bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden KIM.

“Saya belum tahu urutannya apa dahulu sebenarnya. Apa daftar dahulu baru deklarasi, apa deklarasi baru diumumkan, pokoknya saya belum tahu urutannya karena rapat itu akan dilakukan setelah ketum semuanya ada di Jakarta,” katanya.

Baca juga: Dasco: KIM syukuran ultah Prabowo dan bicara politik di Kertanegara

Baca juga: Projo yakin soliditas KIM mampu atasi perbedaan soal bacawapres

Pewarta: Fath Putra Mulya
Editor: D.Dj. Kliwantoro
COPYRIGHT © BERITA CALEG 2023

[ad_2]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *