klik X untuk tutup iklan ini
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Politik

KSP: Empat tahun pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Indonesia terus tumbuh

×

KSP: Empat tahun pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Indonesia terus tumbuh

Sebarkan artikel ini
Example 468x60




Jakarta (BERITA CALEG) – Kepala Staf Kepresidenan(KSP) Moeldoko mengatakan pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin dalam empat tahun terakhir telah membawa Indonesia untuk terus tumbuh.

Moeldoko dalam keterangan di Jakarta, Jumat menyampaikan pada saat pandemi, Indonesia mampu bertahan, sekaligus mencapai kemajuan dan pembangunan yang signifikan.

Example 300x600

“Di saat pandemi kita bukan hanya menang, tapi juga membuat lompatan-lompatan kemajuan dan pembangunan. Saat ini Indonesia terus bertumbuh dan melaju,” ujar Moeldoko di Jakarta, Jumat.

Dia mengatakan salah satu indikator keberhasilan pemerintahan Jokowi-Ma’ruf adalah pertumbuhan ekonomi yang kuat, yakni mencapai 5,3 persen.

Pertumbuhan ini, kata dia, didukung oleh kinerja ekspor yang kuat dan ekonomi domestik yang stabil.

“Di sektor fiskal, kita juga berhasil mengembalikan defisit anggaran di bawah tiga persen dengan cepat (tahun 2022),” ujarnya.

Indonesia juga telah melakukan lompatan dalam peningkatan nilai ekspor hasil tambang melalui kebijakan hilirisasi. Ia mencontohkan ekspor nikel yang mengalami lonjakan dari 0,65 juta dolar AS pada 2017, menjadi 5,94 juta dolar AS.

Capaian positif juga terjadi di sektor investasi. Dia menyebut nilai investasi melebihi target yang telah ditetapkan pemerintah, yakni mencapai Rp1.207 triliun.

“Ini karena kita telah melakukan transformasi tata kelola investasi dengan menyederhanakan regulasi, reformasi birokrasi, dan efisiensi logistik,” terangnya.

Tak hanya itu, lanjut Moeldoko, pemerintah juga menjalankan komitmen untuk pemerataan pembangunan di seluruh Indonesia, dengan memegang prinsip pembangunan Indonesia-Sentris.

Pembangunan desa juga digenjot agar jumlah desa tertinggal terus menurun.

“Penurunannya sangat signifikan, dari 17.626 desa menjadi 6.749 desa,” jelasnya.

Adapun terkait dengan penciptaan lapangan kerja, Kepala Staf Kepresidenan menyampaikan pemerintah terus melakukan perbaikan iklim investasi, dan mengembangkan program-program pendidikan dan pelatihan vokasi untuk mencetak tenaga-tenaga kerja unggul.

Sementara di arena global, jelas Moeldoko, Indonesia telah kembali menjadi pemain utama dalam diplomasi dunia. Indeks pengaruh diplomasi Indonesia melonjak pesat, bahkan melampaui Singapura.

“Kemampuan diplomasi Indonesia di tengah situasi dunia yang kompleks telah diakui sebagai kontributor perdamaian global,” ucapnya.

Pada kesempatan itu, Moeldoko memastikan empat tahun kepemimpinan Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin, telah memberikan dampak positif yang signifikan bagi Indonesia.

Dalam periode ini, negara ini tidak hanya bertahan, tetapi juga tumbuh dan maju dalam berbagai sektor, serta menciptakan landasan yang kuat untuk masa depan yang lebih cerah.

“Berbagai capaian ini memberikan kita optimisme cita-cita menuju Indonesia Emas bisa dicapai,” jelas Moeldoko.

Sebagai informasi, Capaian Kinerja Pemerintah 2023 akan dibukukan, dan diluncurkan resmi pada Selasa (24/10) mendatang, di Hotel Indonesia Kempinski Jakarta. Peluncuran buku akan dihadiri Kepala Staf Kepresidenan Jenderal TNI (Purn) Moeldoko, Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi, serta Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

Baca juga: Moeldoko bagikan pengalaman pertanian RI pada forum pangan dunia

Baca juga: Moeldoko harap media sampaikan capaian kinerja pemerintah ke publik

Baca juga: Moeldoko: Indonesia Juara umum WSA 2023 menunjukkan SDM kompeten

Baca juga: Survei CPCS: 81,6 persen puas terhadap pemerintahan Jokowi

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Guido Merung
COPYRIGHT © BERITA CALEG 2023

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *