Politik

Kemarin, Prabowo ke Malaysia hingga 7 calon anggota LPSK

×

Kemarin, Prabowo ke Malaysia hingga 7 calon anggota LPSK

Sebarkan artikel ini

[ad_1]


Jakarta (BERITA CALEG) – Beragam peristiwa politik terjadi di Indonesia, Kamis (4/4), mulai dari Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto melanjutkan lawatan ke Malaysia usai menyambangi China dan Jepang hingga Rapat Paripurna DPR RI memberi persetujuan terhadap hasil uji kelayakan dan kepatutan tujuh calon anggota Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) periode 2024-2029.

Berikut ini lima berita politik menarik pilihan BERITA CALEG.

1. Prabowo lanjutkan lawatan ke Malaysia setelah China dan Jepang

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto melanjutkan lawatan ke Malaysia selepas menyambangi China pada Minggu (31/3) dan Jepang (3/4) untuk bertemu dengan Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim di Kuala Lumpur, Kamis.

Malaysia menjadi negara ketiga yang dikunjungi Prabowo dalam rangkaian lawatan luar negerinya sejak dia ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI sebagai calon presiden terpilih pada 20 Maret 2024.

Selengkapnya baca di sini.

2. Ketua DPR paparkan fokus pengawasan Masa Persidangan IV 2023-2024

Ketua DPR RI Puan Maharani memaparkan sejumlah permasalahan rakyat yang menjadi fokus pengawasan alat kelengkapan dewan (AKD) di DPR RI selama Masa Persidangan IV Tahun Sidang 2023-2024.

“DPR RI melalui alat kelengkapan dewan telah melaksanakan fungsi pengawasan melalui berbagai rapat yang terkait dengan permasalahan yang dihadapi oleh rakyat,” kata Puan saat membacakan pidato penutupan Masa Persidangan IV Tahun Sidang 2023-2024 dalam Rapat Paripurna DPR RI, Jakarta, Kamis.

Selengkapnya baca di sini.

3. Paripurna DPR setujui 7 calon anggota LPSK 2024-2029

Rapat Paripurna DPR RI Ke-15 Masa Persidangan IV Tahun Sidang 2023-2024, Kamis, memberikan persetujuan terhadap hasil uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) tujuh calon anggota Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) periode 2024-2029.

“Apakah laporan Komisi III DPR RI atas hasil uji kelayakan, fit and proper test, terhadap calon anggota Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban masa jabatan 2024-2029 tersebut dapat disetujui untuk ditetapkan?” tanya Ketua DPR RI Puan Maharani dalam Rapat Paripurna di Gedung DPR RI, Jakarta, Kamis.

Selengkapnya baca di sini.

4. RI resmi beli dua unit kapal selam Prancis, produksinya di Surabaya

Kementerian Pertahanan (Kemhan) RI secara resmi mengumumkan pembelian dua unit kapal selam Scorpène® Evolved dari perusahaan Prancis Naval Group yang seluruhnya bakal diproduksi di galangan kapal PT PAL Indonesia di Surabaya, Jawa Timur.

Kepala Biro Hubungan Masyarakat Sekretariat Jenderal Kemhan RI Brigjen TNI Edwin Adrian Sumantha saat dihubungi di Jakarta, Kamis, menjelaskan Kemhan RI meneken kontrak pembelian dua unit Scorpène® Evolved di Kantor Kementerian Pertahanan, Jakarta, pada 28 Maret 2024.

Selengkapnya baca di sini.

5. Tim Ganjar-Mahfud sebut TSM tetap kewenangan MK

Deputi Hukum Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Todung Mulya Lubis menyebut persoalan pelanggaran administratif pemilu yang terstruktur, sistematis, dan masif (TSM) tetap menjadi kewenangan Mahkamah Konstitusi (MK).

“Kami tetap melihat persoalan TSM itu merupakan bagian dari kewenangan MK. Kalau kita membaca Pasal 22E Undang-Undang Dasar 1945 dan Pasal 24C ayat (1) Undang-Undang Dasar 1945, kita mesti kembali ke sana sebagai hukum dasar kita,” ucap Todung saat konferensi pers di Gedung I MK RI, Jakarta, Kamis.

Selengkapnya baca di sini.

Pewarta: Melalusa Susthira Khalida
Editor: Budi Suyanto
Copyright © BERITA CALEG 2024

[ad_2]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *