klik X untuk tutup iklan ini
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Politik

Kemarin, pembahasan RUU hingga rencana wapres undang tiga bacawapres

×

Kemarin, pembahasan RUU hingga rencana wapres undang tiga bacawapres

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

[ad_1]


Jakarta (BERITA CALEG) – Berbagai peristiwa politik telah diwartakan Kantor Berita BERITA CALEG pada Selasa (31/10), yang masih layak dibaca untuk informasi pagi ini.

1. KPU Sumbar: Irman Gusman tidak memenuhi syarat jadi caleg DPD

Example 300x600

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) menyatakan eks ketua DPD RI Irman Gusman tidak memenuhi syarat sebagai calon anggota DPD Daerah Pemilihan (Dapil) Sumbar pada Pemilu 2024.

“KPU Sumbar memutuskan dan menyatakan Saudara Irman Gusman tidak memenuhi syarat sebagai calon anggota DPD RI Dapil Sumbar dalam tahapan penyusunan daftar calon tetap atau DCT,” kata Anggota KPU Sumbar Ory Sativa Syakban di Padang, Sumbar, Selasa.

Selengkapnya baca di sini

2. Puan tekankan pembahasan 9 RUU tak terganggu agenda Pemilu 2024

Ketua DPR RI Puan Maharani menekankan bahwa kelanjutan sembilan Rancangan Undang-Undang (RUU) yang telah berada dalam tahap pembahasan Tingkat I untuk dibahas pada Masa Persidangan II Tahun Sidang 2023-2024 tidak boleh terganggu dengan agenda Pemilu 2024.

Dia menegaskan bahwa DPR RI bersama dengan pemerintah akan tetap fokus dan menjaga amanah rakyat demi menghasilkan peraturan perundang-undangan yang berkualitas.

Selengkapnya baca di sini

3. KPU ajukan revisi syarat capres-cawapres sesuai putusan MK

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI mengajukan revisi Peraturan KPU (PKPU) Nomor 19 Tahun 2023 tentang Pencalonan Peserta Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden agar sesuai dengan Putusan Mahkamah Konstitusi (MK) Nomor 90/PUU-XXI/2023.

Hal ini disampaikan Ketua KPU Hasyim Asy’ari saat rapat dengar pendapat (RDP) bersama Komisi II DPR RI di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa.

Selengkapnya baca di sini

4. Wapres Ma’ruf undang tiga bakal cawapres makan siang dan diskusi

Wakil Presiden Ma’ruf Amin berencana mengundang tiga bakal calon wakil presiden untuk santap siang bersama dan berdiskusi tentang upaya mencegah timbulnya ketegangan dan konflik pada Pemilu 2024.

“Memang saya dijadwalkan bertemu dengan cawapres, tapi kan kita lagi mengatur waktunya sebab ini kan pada keliling semua,” kata Wapres di sela kegiatan meninjau Posyandu Dahlia di Jambi, Selasa.

Selengkapnya baca di sini

5. Wapres Ma’ruf tegaskan ASN harus netral pada pemilu

Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin menegaskan bahwa aparatur sipil negara harus dapat bersikap netral pada pelaksanaan Pemilihan Umum 2024.

“ASN harus netral, petugas keamanan juga harus netral,” tegas Wapres dalam keterangan persnya di sela kegiatan meninjau Posyandu Dahlia I di Kelurahan Thehok, Kecamatan Jambi Selatan, Jambi, Selasa.

Selengkapnya baca di sini

Pewarta: Fauzi
Editor: Guido Merung
COPYRIGHT © BERITA CALEG 2023

[ad_2]

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *