klik X untuk tutup iklan ini
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Politik

KedaiKOPI siapkan mobil ide rakyat serap aspirasi di tiga provinsi

×

KedaiKOPI siapkan mobil ide rakyat serap aspirasi di tiga provinsi

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

[ad_1]


Jakarta (BERITA CALEG) – Lembaga survei KedaiKOPI menyiapkan satu unit mobil ide rakyat, untuk menyerap aspirasi untuk tiga provinsi di Indonesia.

“Mobil ide rakyat merupakan program menangkap aspirasi rakyat dalam pemilu 2024,” kata penanggung jawab mobil ide rakyat Rifqi Islami di Jakarta, Sabtu.

Example 300x600

Dia menjelaskan mobil rakyat itu akan mengunjungi kota dan kabupaten di tiga provinsi yakni DKI Jakarta, Jawa Barat dan Banten.

Masyarakat yang berpartisipasi dalam Mobil Ide Rakyat ini akan mengisi sejumlah pertanyaan dengan beberapa pilihan jawaban.

“Jawaban publik akan tercermin melalui aplikasi mentimeter, yang hasilnya dapat dilihat pada monitor Mobil Ide Rakyat,” ungkapnya.

Peluncuran ini juga diisi dengan diskusi publik bertema “Menanti Netralitas Negara dan Mencegah Kecurangan Pemilu 2024” yang menghadirkan pembicara analis komunikasi politik Hendri Satrio, peneliti PoshDem Universitas Andalas Feri Amsari dan manager program Perludem Fadli Ramadhanil.

Rifqi menuturkan program ini juga bermaksud mengetahui pendapat generasi muda mengenai berbagai isu yang berkembang.

“Seperti isu politik dinasti, hak angket, money politics, kriteria presiden pilihan hingga siapa calon presiden yang pro anak muda,” paparnya.

Rifqi mengatakan, dalam pemilu 2024 pemilih muda mencapai lebih dari 52 persen, sehingga amat penting untuk mengetahui pendapat mereka.

“Pemilih muda menjadi faktor penentu kemenangan para capres. Selain menjadi bagian dari edukasi politik, Mobil Ide Rakyat ini akan menjaring preferensi pandangan generasi muda atas topik nasional yang menjadi perhatian,” katanya menegaskan.

Sementara itu, analis komunikasi politik Hendri Satrio mengatakan peluncuran Mobil Ide Rakyat ini bagus.

“Ini cara baru untuk menangkap ide dan aspirasi dari rakyat,” katanya.

Selain menangkap aspirasi rakyat tentang pemilu 2024, lanjut dia, mobil ide rakyat ini juga dapat menangkap harapan masyarakat pada pada capres dan cawapres.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada hari Selasa, 14 November 2023, menetapkan tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Peserta Pilpres 2024 terdiri atas pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

 

Pewarta: Fauzi
Editor: Guido Merung
COPYRIGHT © BERITA CALEG 2023

[ad_2]

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *