klik X untuk tutup iklan ini
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Politik

Kabaharkam: Pola pengamanan TPS pemilu sesuaikan tingkat kerawanan

×

Kabaharkam: Pola pengamanan TPS pemilu sesuaikan tingkat kerawanan

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

[ad_1]


Jakarta (BERITA CALEG) – Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri Komjen Pol. Fadil Imran mengatakan bahwa pola pengamanan tempat pemungutan suara (TPS) pada Pemilu 2024 menyesuaikan tingkat kerawanan, karakteristik wilayah dan jumlah personel.

“Dengan pertimbangan dari kepala satuan wilayah yang terbagi dalam kategori TPS kurang rawan,TPS rawan, TPS sangat rawan, TPS di Papua dan Papua Barat yang menggunakan sistem noken, dan TPS di lokasi khusus,” kata Fadil dalam rapat kerja bersama Komisi III DPR RI yang membahas persiapan pengamanan Pemilu 2024 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu.

Example 300x600

Dia juga menyebut pola pengamanan TPS yang diterapkan oleh Polri di dalam negeri menerapkan konsep body system yakni anggota yang melaksanakan tugas diawasi dan diamankan oleh anggota lainnya dengan persenjataan.

“Minimal pelibatan perkuatan pengamanan dilaksanakan oleh dua personel sebagai konsep body system,” ucapnya.

Baca juga: Kabaharkam: Polri gelar tiga operasi pengamanan Pemilu 2024

Sementara itu, dia menyebut bahwa pengamanan TPS pada Pemilu 2024 yang berada di luar negeri dibagi menjadi dua tanggung jawab satuan tugas (Satgas) pengamanan yaitu wilayah Satgas I dan wilayah Satgas II, yang masing-masing terdiri dari 12 panitia pemilihan luar negeri (PPLN).

Dia menjelaskan dengan pembagian pola pengamanan tiga skala prioritas yaitu Prioritas I untuk negara dengan pemilih lebih dari 50.000 dan tidak memiliki kantor perwakilan negara, Prioritas II untuk negara dengan pemilih antara 10.000 sampai dengan 75.000, dan Prioritas III untuk negara dengan pemilih di bawah 10.000.

Polri, kata Fadil, melakukan pengamanan terhadap pendistribusian logistik ataupun surat suara pemilu dengan pola pengamanan yang mempertimbangkan kerawanan di setiap tahapan pendistribusian masing-masing wilayah

“Mulai dari proses pencetakan, pengepakan di tempat percetakan, pendistribusian, sampai dengan penyimpanan di luar kantor KPU,” tuturnya.

Dia menambahkan bahwa Polri juga telah melaksanakan pengamanan terhadap kantor penting dan kediaman calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) Pilpres 2024 dengan berkoordinasi bersama petugas keamanan setempat.

“Termasuk memonitor situasi di sekitarnya, dan akses keluar masuk dengan melakukan sterilisasi pengaturan penjagaan dan patroli,” kata dia.

Baca juga: Kapolri: Siapa pun presiden terpilih persatuan tetap dijaga

Baca juga: Polri keluarkan surat telegram jaga netralitas pada Pemilu 2024

Pewarta: Melalusa Susthira Khalida
Editor: Laode Masrafi
COPYRIGHT © BERITA CALEG 2023

[ad_2]

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *