klik X untuk tutup iklan ini
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Politik

Jubir TPN: Ganjar-Mahfud fokus pembangunan ekonomi biru 

×

Jubir TPN: Ganjar-Mahfud fokus pembangunan ekonomi biru 

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

[ad_1]


Jakarta (BERITA CALEG) – Juru bicara Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo-Mahfud MD, Chico Hakim menyatakan pasangan calon tersebut fokus pembangunan ekonomi biru di Indonesia.

“Ekonomi biru bakal jadi salah satu misi yang ingin diwujudkan pasangan Ganjar-Mahfud jika terpilih,” katanya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin.

Example 300x600

Dia menjelaskan hal itu telah tertuang dalam okumen visi-misi pasangan itu. Setidaknya ada delapan program unggulan Ganjar–Mahfud yang disiapkan untuk mewujudkan misi tersebut.

Pertama, mengakselerasi 11 potensi maritim, semisal mendorong potensi perikanan tangkap, mendongkrak produksi perikanan budidaya, membangun industri pengolahan hasil perikanan, industri bioteknologi kelautan, menangkap potensi pertambangan dan energi di laut, dan memperkuat potensi sumber daya alam nonkonvesional.

Kedua, penangkapan ikan terukur berbasis kuota dan zonasi. Ketiga, tata kelola laut yang inklusif dan berkelanjutan. Keempat, program maritim unggul (MU) yang utamanya mendorong peningkatan konektivitas maritim. Kelima, membangun industri galangan kapal. Keenam, mendorong industri perikanan dan hasil laut. Ketujuh, mengatasi pencemaran laut. Terakhir, meningkatkan potensi wisata maritim.

Hakim mengatakan Ganjar-Mahfud menjadikan ekonomi biru sebagai salah program andalan berkaca pada luasnya wilayah lautan Indonesia. Namun, potensi ekonomi dari laut itu minim sumbangsihnya terhadap produk domestik bruto (PDB) nasional.

“Kami memilih fokus yang prioritas pada ekonomi biru, karena melihat fakta bahwa sebagai negara yang 77 persen wilayahnya adalah lautan, belum mampu mengkapitalisasinya sebagai ujung tombak PDB. Angka 7,6 persen PDB dari sektor maritim. Sangat kecil dibandingkan potensi yang ada,” jelas Hakim.

Selain itu, wilayah pesisir dan laut Indonesia mengandung potensi ekonomi yang luar biasa besar, baik sumber daya alam (SDA) terbarukan, SDA tak terbarukan, dan jasa-jasa lingkungan.

Hakim mencontohkan dalam mengoptimalkan misi ekonomi biru, Ganjar-Mahfud bakal memulainya dengan menggali potensi-potensi yang paling mudah dijangkau dan dikapitalisasi, seperti memasifkan budidaya rumput laut di berbagai daerah.

“Rumput laut yang hanya butuh tak sampai jarak puluhan meter dari pantai untuk melakukan budi daya. Artinya, investasi yang dibutuhkan tidak terlalu besar dan sangat mungkin direalisasikan segera dan serentak di banyak wilayah,” ucap Hakim.

Baca juga: Visi-misi tiga paslon untuk pemerataan ekonomi dan atasi kemiskinan

Baca juga: Ganjar: Tak ada kekuatan atau alat yang bisa kalahkan rakyat

Baca juga: TPN: Ganjar-Mahfud ingin bawa RI maju dan unggul dari negara lain

Pewarta: Fauzi
Editor: Guido Merung
COPYRIGHT © BERITA CALEG 2023

[ad_2]

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *