klik X untuk tutup iklan ini
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Politik

Jokowi tugasi Forum Rektor formulasikan langkah RI jadi negara maju

×

Jokowi tugasi Forum Rektor formulasikan langkah RI jadi negara maju

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

[ad_1]

siapa pun yang nanti akan memimpin bangsa dan negara ini

Example 300x600

Jakarta (BERITA CALEG) – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menugasi Forum Rektor Indonesia untuk memformulasikan upaya dan langkah agar perekonomian Indonesia dapat meningkat menjadi negara maju.

“Kami mendapat penugasan dari tanda kutip Pak Presiden untuk memformulasi dan mentekniskan, memastikan Indonesia menjadi negara maju di 2034 itu diperlukan apa saja,” kata Ketua Forum Rektor Indonesia Mohammad Nasih selepas diterima Presiden Jokowi di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa.

Dalam pertemuan dengan Presiden, kata Nasih, Forum Rektor banyak membahas mengenai tantangan masa depan Indonesia, terutama mengenai sumber daya manusia unggul agar Indonesia dapat menjadi lima negara besar dunia. Untuk mencapai cita-cita tersebut, kata Nasih, perlu ada upaya bersama antara Pemerintah dan Forum Rektor.

“Dan tentu kami akan nanti membahas dengan lebih teknis sebagai bagian dari masukan menjadi pijakan para pengelola negara ini, siapa pun yang nanti akan memimpin bangsa dan negara ini,” kata Nasih.

Baca juga: Forum Rektor gerakkan 288 PTN tanggani stunting di Indonesia

Baca juga: Forum Rektor tekankan persiapan hadapi isu global di masa mendatang

Formula berisikan upaya-upaya menjadi negara maju itu, kata Nasih, juga agar terjadi simpul keberlanjutan pembangunan Indonesia meski terjadi pergantian kepemimpinan di pemerintahan. Menurut Nasih, Forum Rektor ingin memiliki satu vektor dengan pemerintah agar Indonesia bisa menjadi negara maju.

Rektor Universitas Airlangga itu mengungkapkan salah satu kunci upaya untuk menjadi Indonesia Maju adalah peningkatan kualitas SDM.

Untuk mencapai peningkatan kualitas SDM, kata Nasih, perlu fokus upaya di beberapa bidang, antara lain, agro maritim dan pengembangan sains dan teknologi.

Baca juga: Rektor Unair dikukuhkan sebagai Ketua Forum Rektor Indonesia 2022-2023

“Ini akan menjadi bagian masukan yang kita sampaikan untuk kita detail-kan lebih lanjut. Ke depan road map sains dan teknologi di Indonesia seperti apa untuk mendorong ketahanan pangan, mendorong ketahanan kesehatan, mendorong ketahanan energi, intinya kita menjadi negara yang berdikari dan tentu jadi negara maju,” tutur Nasih.

Pewarta: Indra Arief Pribadi / Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Chandra Hamdani Noor
COPYRIGHT © BERITA CALEG 2023

[ad_2]

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *