klik X untuk tutup iklan ini
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Politik

Jokowi tekankan pentingnya kerja sama saling menguntungkan di IPEF

×

Jokowi tekankan pentingnya kerja sama saling menguntungkan di IPEF

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

[ad_1]


Jakarta (BERITA CALEG) – Presiden Joko Widodo dalam pidatonya di forum Indo-Pacific Economic Framework (IPEF), Kamis (16/11) waktu setempat, menekankan pentingnya kerja sama saling menguntungkan antara negara-negara anggota.

“Indonesia selalu terbuka melakukan kerja sama dengan siapapun berdasarkan prinsip saling menguntungkan. Prinsip inilah yang mendasari Indonesia berpartisipasi dalam perundingan IPEF,” ujar Presiden Joko Widodo sebagaimana disaksikan dalam tayangan YouTube Sekretariat Presiden di Jakarta, Jumat.

Example 300x600

Menurut Kepala Negara, saling memahami kebutuhan nasional terutama kepentingan negara berkembang adalah kunci menjalin kerja sama yang baik.

Dia menegaskan kesuksesan IPEF akan sangat tergantung bagaimana para pihak merasa saling menguntungkan, di mana kerja sama pembangunan ekonomi hijau, perluasan perdagangan dan investasi, transisi energi, dan penguatan rantai pasok mineral kritis menjadi pilar penting kerja sama IPEF.

“Kita harus menghadirkan kerja sama yang konkret di prioritas-prioritas tersebut dan saya mengapresiasi penandatanganan kerja sama pilar dua mengenai rantai pasok, bentuk pencapaian konkret negara-negara IPEF merespons disrupsi rantai pasok global,” ujarnya.

Presiden Widodo juga menyampaikan menyambut baik penyelesaian susbtansif perundingan pilar ketiga IPEF yaitu ekonomi bersih dan pilar keempat IPEF ekonomi yang adil.

Jokowi menekankan Indonesia juga berkomitmen menyelesaikan perundingan pilar kesatu IPEF yakni perdagangan di tahun 2024 dan mengimplementasikan kesepakatan bersama.

Baca juga: Presiden hadiri sejumlah pertemuan di KTT APEC

Baca juga: Jokowi yakini investor luar negeri akan segera masuk ke IKN

Baca juga: Presiden gelar pertemuan trilateral dengan Papua Nugini dan Fiji

Baca juga: Jokowi: Langkah konkret dibutuhkan dalam hadapi dampak perubahan iklim

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Guido Merung
COPYRIGHT © BERITA CALEG 2023

[ad_2]

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *