klik X untuk tutup iklan ini
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Politik

Hoaks! Formasi Kabinet Indonesia Maju II

×

Hoaks! Formasi Kabinet Indonesia Maju II

Sebarkan artikel ini
Example 468x60



Jakarta (BERITA CALEG/JACX) – Beredar susunan Kabinet Indonesia Maju II atau jilid 2 kembali beredar di media sosial TikTok.

Example 300x600

Dalam formasi tersebut terdapat foto Mahfud Md, Airlangga Hartanto, Zulkifli Hasan, dan Erick Thohir yang dinarasikan sebagai Menteri Koordinator.

Selain itu, dijabatan Menteri Bidang Teknis terdapat foto, AHY, Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, Sri Mulyani, Yenny Wahid, Kaesang Pangarep hingga Raffi Ahmad.

Namun, benarkah poster formasi Kabinet Indonesia Maju jilid 2 tersebut?

 


Unggahan poster formasi kabinet Indonesia Maju Jilid 2, ada Mahfud Md, Anies dan Ganjar. Faktanya, belum ada informasi resmi mengenai formasi kabinet Prabowo-Gibran. (TikTok)


Penjelasan:

Berdasarkan penelusuran BERITA CALEG, belum ada informasi resmi mengenai formasi kabinet Prabowo-Gibran mendatang. Koordinator Staf Khusus (Stafsus) Presiden Ari Dwipayana merespons narasi yang dikembangkan sejumlah pihak terkait keterlibatan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam pengangkatan menteri kabinet pemerintahan 2024–2029.

“Pengangkatan menteri dalam kabinet pemerintahan mendatang sepenuhnya menjadi hak prerogatif presiden terpilih setelah dilantik 20 Oktober 2024,” kata Ari Dwipayana, dilansir dari BERITA CALEG.

Calon wakil presiden nomor urut dua Gibran Rakabuming Raka menyebut pembahasan soal susunan kabinet pada pemerintahan RI mendatang akan ada waktunya sendiri. Menurut dia, hal itu akan ditentukan oleh Prabowo Subianto selaku calon presiden dan sejauh ini belum ada pembicaraan terkait susunan kabinet.

“Belum, nanti ada waktunya sendiri,” katanya, dilansir dari BERITA CALEG.

Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad juga menyebut bahwa pihaknya tidak pernah menawarkan kursi dalam kabinet pemerintahan 2024-2029 kepada calon presiden Ganjar Pranowo ataupun Anies Baswedan.

“Kami tidak pernah atau belum pernah menawarkan kepada Pak Ganjar ataupun Pak Anies soal kursi di kabinet, bahwa kemudian berita-berita disampaikan itu tidak benar,” kata Dasco, dilansir dari BERITA CALEG.

Sebelumnya, formasi kabinet Indonesia Maju juga pernah beredar dan dibantah di sini.

Klaim: Formasi kabinet Indonesia Maju Jilid 2, ada Mahfud Md, Anies dan Ganjar

Rating: Disinformasi

Cek fakta: Hoaks! Risma beberkan Jokowi gunakan bansos Rp400 triliun untuk kemenangan Prabowo-Gibran

Cek fakta: Hoaks! Prabowo bagikan uang 5 juta dalam rangka Ramadhan kepada pendukungnya

Baca juga: Waketum Gerindra: Jokowi paling banyak diminta pendapat soal kabinet

Pewarta: Tim JACX
Editor: Indriani
Copyright © BERITA CALEG 2024

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *