klik X untuk tutup iklan ini
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Politik

Hoaks! Erick Thohir gantikan Gibran jadi Cawapres Prabowo pada 9 November

×

Hoaks! Erick Thohir gantikan Gibran jadi Cawapres Prabowo pada 9 November

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

[ad_1]

Jakarta (BERITA CALEG/JACX) – Sebuah unggahan video di Facebook menarasikan bahwa Menteri BUMN, Erick Thohir, menggantikan Gibran Rakabuming untuk menjadi pendamping Prabowo Subianto di Pemilu 2024 mendatang.

Example 300x600

Selain itu, thumbnail dalam unggahan tersebut juga terlihat Prabowo sedang menyetir mobil dan terlihat Erick dikursi penumpang. Dalam foto tersebut juga tampak Erick dan Prabowo dikawal disisi kanan kiri mobil, dan tampak sejumlah warga memperhatikan iring-iringan mobil mereka.

Berikut narasi dalam unggahan tersebut:

“G3GER PAGI INI — K3JUTAN HANGAT BUAT PUBLIK, PRABOWO GANDENG ERICK TOHIR MAJU DI PILPRES 2024”

Namun, benarkah bahwa Erick Thohir resmi gantikan Gibran jadi Cawapres Prabowo pada 9 November?

 


Unggahan video hoaks yang menarasikan Erick Thohir gantikan Gibran jadi Cawapres Prabowo pada 9 November. Faktanya, KPU menetapkan pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Ganjar Pranowo-Mahfud Md., dan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai pasangan calon presiden dan wakil presiden yang berkompetisi dalam Pemilu Presiden 2024 (Facebook)


Penjelasan:

Berdasarkan penelusuran, foto thumbnail tersebut merupakan saat Presiden Joko Widodo, Prabowo Subianto dan Erick Thohir menguji coba langsung mobil Pindad Maung pada Senin (24/7/2023), serupa dengan video di YouTube KompasTV yang berjudul “Ini Spesifikasi Pindad Maung 4×4 yang Dijajal Jokowi, Prabowo, dan Erick”.

Selain itu, narator hanya membacakan artikel Tribunnews yang berjudul “Prabowo Subianto Temui Erick Thohir, Isu Gibran Cawapres Batal Karena Putusan MKMK Mencuat”. Dalam artikel tersebut dinarasikan calon Presiden dari Koalisi Indonesia Maju (KIM), Prabowo Subianto, mendatangi rumah Menteri BUMN, Erick Thohir, di Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (31/10/2023) siang ditengah beredarnya isu Gibran Rakabuming Raka batal jadi bakal cawapres Prabowo Subianto pada 31 Oktober lalu.

Namun, Senin (13/11) KPU menetapkan pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Ganjar Pranowo-Mahfud Md., dan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai pasangan calon presiden dan wakil presiden yang berkompetisi dalam Pemilu Presiden 2024, dilansir dari BERITA CALEG.

Sehingga, pernyataan Erick Thohir gantikan Gibran jadi Cawapres Prabowo pada 9 November merupakan keliru.

Klaim: Erick Thohir gantikan Gibran jadi Cawapres Prabowo pada 9 November

Rating: Hoaks

Cek fakta: Hoaks! Erick Thohir pecat pelatih Timnas U17 Bima Sakti

Cek fakta: Disinformasi! Erick Thohir terlihat beribadah di wihara

Baca juga: Prabowo sebut Erick tak boleh aktif di tim pemenangan karena menteri

Pewarta: Tim JACX
Editor: Indriani
COPYRIGHT © BERITA CALEG 2023

[ad_2]

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *