klik X untuk tutup iklan ini
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Politik

Fraksi PKS minta Kemenlu pastikan keselamatan WNI pascagempa Taiwan 

×

Fraksi PKS minta Kemenlu pastikan keselamatan WNI pascagempa Taiwan 

Sebarkan artikel ini
Example 468x60




Jakarta (BERITA CALEG) –

Fraksi PKS DPR RI meminta Kementerian Luar Negeri untuk memastikan keselamatan warga negara Indonesia (WNI) di Taiwan pascagempa bermagnitudo 7,5 yang juga dirasakan hingga ke Jepang pada hari Rabu pukul 09.00 waktu setempat.

Example 300x600

 

Ketua Fraksi PKS DPR RI Jazuli Juwaini menyampaikan simpati dan keprihatinan sekaligus belasungkawa atas bencana gempa dan tsunami tersebut. Dia berharap tidak ada korban jiwa dan evakuasi warga setempat berjalan dengan baik.

 

“Kemenlu harus bergerak cepat untuk mengidentifikasi keberadaan WNI di wilayah terdampak gempa dan tsunami serta melakukan tindakan cepat dan terukur untuk menyelamatkan WNI jika terdapat warga negara kita di sana,” katanya dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Rabu.

 

Dikatakan bahwa bahwa Taiwan dan Jepang adalah negara yang kerap diguncang gempa dan acapkali disertai tsunami. Dia pun yakin pemerintah Indonesia memiliki sistem deteksi cepat untuk identifikasi keberadaan WNI.

 

“Tentu kita semua berharap tidak ada warga negara kita yang menjadi korban,” kata Jazuli.

 

Gempa bermagnitudo 7,5 dan 6,6 dilaporkan terjadi di sekitar Taiwan pada Rabu pagi dan getarannya terasa di Pulau Okinawa dan Miyako, Jepang selatan, sehingga membuat otoritas mengeluarkan peringatan tsunami di pulau-pulau tersebut.

 

Menurut data Badan Meteorologi Jepang, gempa bermagnitudo 7,5 di dekat pantai timur Taiwan yang tercatat pada pukul 08.58 waktu setempat (06.58 WIB), Rabu, memiliki kedalaman yang sangat dangkal.

 

Sementara itu, gempa kedua tercatat berselang kurang dari 15 menit kemudian, tepatnya pada pukul 09.11 waktu setempat (07.11 WIB).

 

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © BERITA CALEG 2024

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *