klik X untuk tutup iklan ini
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Politik

Falcon 8X baru resmi perkuat TNI AU, gantikan unit pinjaman Dassault

×

Falcon 8X baru resmi perkuat TNI AU, gantikan unit pinjaman Dassault

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

[ad_1]

Pesawat interim akan dikembalikan bila pesawat yang sebenarnya datang.

Example 300x600

Jakarta (BERITA CALEG) – Satu unit pesawat jet Falcon 8X baru buatan Dassault Aviation, Prancis, tiba di Indonesia, dan resmi memperkuat Skadron Udara 17 Angkut VIP/VVIP Pangkalan Udara (Lanud) Halim Perdanakusuma TNI Angkatan Udara, Jakarta.

Kepala Biro Hubungan Masyarakat Sekretariat Jenderal Kementerian Pertahanan RI Brigjen TNI Edwin Adrian Sumantha di Jakarta, Kamis, menyampaikan unit baru itu, yang pembuatannya kurang lebih setahun, tiba di Lanud Halim Perdanakusuma pada hari Rabu (8/11) sore, dan langsung diserahterimakan dari Kemhan RI ke TNI AU.

“Pesawat Falcon 8X (nomor registrasi, red.) A-0801 menjadi tambahan kekuatan untuk armada Komando Pengendalian TNI Angkatan Udara (Kodal TNI AU) yang dirancang untuk mendukung tugas-tugas pimpinan agar dapat bergerak dengan cepat guna melaksanakan fungsi kepemimpinannya,” kata Edwin.

Unit baru Falcon 8X itu menggantikan Falcon 7X dan Falcon 8X yang sebelumnya dipinjamkan Dassault untuk Indonesia.

Pemerintah Indonesia pada bulan Desember 2022 menerima pinjaman satu unit Falcon 7X dan Falcon 8X dari Dassault yang keduanya untuk mempersiapkan para penerbang, kru mekanik, dan kru kabin, terutama dalam aspek operasional dan pemeliharaan.

Falcon 8X yang dipinjamkan Dassault pada tahun 2022 merupakan unit yang diproduksi pada tahun 2017.

“Pesawat interim (pinjaman antarwaktu) tersebut akan dikembalikan bila pesawat yang sebenarnya (unit yang baru, red.) datang,” kata Kepala Biro Humas Setjen Kemhan RI.

Pinjaman Falcon 7X dan Falcon 8X berikut pengiriman unit baru Falcon 8X merupakan hasil negosiasi Kementerian Pertahanan RI dan Dassault Aviation, terutama saat keduanya meneken kontrak pembelian jet tempur Rafale.

Dalam kontrak pembelian, terutama untuk 6 unit pertama dari total 36 unit Rafale, Dassault sepakat untuk tidak hanya mengirim pesawat tempurnya dan pesawat jet VIP/VVIP Falcon 8X.

“Pesawat Falcon 8X memiliki keunggulan yaitu memiliki jangkauan tempuh yang jauh dan dapat landing (mendarat, red.) dengan baik pada landasan pacu yang pendek,” kata Kemhan RI dalam siaran resminya di Jakarta, Kamis.

Dalam upacara kedatangan unit baru Falcon 8X di Base Ops Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Rabu, Kepala Staf TNI Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo memimpin prosesi penyambutan.

Beberapa tradisi penyambutan pesawat, antara lain, water salute, menyiramkan air kembang di moncong pesawat, kemudian memecahkan kendi ke bagian bawah moncong pesawat.

Baca juga: TNI AU gelar tradisi penyambutan pesawat Falcon 7X dan 8X

Baca juga: Prabowo: Pesawat Falcon 7X dan 8X percepat gerak pimpinan TNI

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: D.Dj. Kliwantoro
COPYRIGHT © BERITA CALEG 2023

[ad_2]

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *