Politik

DPR sampaikan agar Jasa Marga pastikan kesiapan pelayanan arus balik

×

DPR sampaikan agar Jasa Marga pastikan kesiapan pelayanan arus balik

Sebarkan artikel ini

[ad_1]


Karawang (BERITA CALEG) – Komisi VI DPR RI menyampaikan agar PT Jasa Marga (Persero) Tbk memastikan kesiapan pelayanan operasional arus balik lebaran yang diprediksi akan melonjak pada Sabtu-Senin, 13-15 April 2024.

“Saya ingin melihat langsung kesiapan Jasa Marga dalam melayani arus balik Hari Raya Idul Fitri 1445 H,” kata Anggota Komisi VI DPR RI Andre Rosiade di Pos Pantau Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama, Sabtu.

Baca juga: Jasamarga perpanjang “contraflow” di Tol Cikampek arah Jakarta

Ia menyampaikan apresiasi atas upaya Jasa Marga yang selalu berkoordinasi dengan pihak kepolisian, Kementerian Perhubungan dan Kemenko PMK dalam penanganan arus mudik beberapa waktu lalu, sehingga kepadatan arus lalu lintas dapat segera teratasi.

“Baru saja saya mendapatkan informasi mengenai kesiapan Jasa Marga untuk menghadapi arus balik, dengan koordinasi yang telah dijalankan, Jasa Marga sudah sangat siap untuk menghadapi arus balik,” katanya.

Di antara persiapan yang dilakukan Jasa Marga ialah menyiapkan jalur contra flow hingga tiga lajur sesuai kondisi lalu lintas.

“Hal yang tidak kalah penting, kami juga mengimbau pengguna jalan untuk mempersiapkan diri dengan memastikan kondisi selalu fit. Agar perjalanan lancar, kami juga mengimbau pemudik untuk mematuhi aturan dan rambu, khususnya saat pemberlakuan rekayasa lalu lintas agar mengikuti arahan dari petugas,” kata Andre.

Baca juga: Jasa Marga lakukan rekayasa lalu lintas di Tol Cikampek

Selain itu ia juga mengapresiasi upaya Jasa Marga yang memberikan potongan tarif tol sebesar 20 persen untuk mendistribusikan lalu lintas arus balik yang puncaknya diprediksi terjadi pada Senin, 15 April 2024.

Menurut Andre, langkah tersebut juga menjadi salah satu solusi antisipasi lonjakan volume lalu lintas pada periode arus balik.

Sementara itu, Direktur Utama PT Jasa Marga Subakti Syukur mengucapkan terima kasih atas dukungan yang telah diberikan, sehingga Jasa Marga dapat mengawal pelaksanaan operasional arus mudik dan terus meningkatkan pelayanan untuk menghadapi arus balik.

“Untuk menghadapi arus balik, kami telah mempersiapkan upaya peningkatan layanan baik di gerbang tol ataupun di jalur. Kami juga akan terus berkoordinasi dengan stakeholder terkait yaitu pihak kepolisian, Kementerian Perhubungan dan Kemenko PMK sehingga dapat mengawal pelaksanaan arus balik secara menyeluruh,” kata Subakti.

Jasa Marga mengimbau masyarakat untuk memastikan kesiapan perjalanan, di antaranya memastikan kondisi pengemudi dan kendaraan dalam keadaan prima dan laik jalan, mempersiapkan perbekalan, memastikan kecukupan BBM dan saldo uang elektronik.

Baca juga: Jasa Marga catat 16 ribu kendaraan kekurangan saldo elektronik di tol

Baca juga: Jasamarga Pandaan siapkan tim siaga longsor di Tol Gempol-Pandaan

Baca juga: Arus kendaraan ke arah Puncak mulai padat pada H+3 pagi

 

Pewarta: M.Ali Khumaini
Editor: Laode Masrafi
Copyright © BERITA CALEG 2024

[ad_2]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *